13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Komunitas Angkringan Buku Emperan (ABE)

Kenalkan Budaya Literasi Melalui Baca Gratis

blokbojonegoro.com | Monday, 12 June 2017 11:00

Kenalkan Budaya Literasi Melalui Baca Gratis

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com
- Banyak berbagai macam cara yang dilakukan perseorangan maupun komunitas, untuk mengenalkan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Bojonegoro yang dinilai masih sangat minim tentang gerakan membaca dari usia dini. Seperti halnya yang dilakukakan oleh komunitas Angkringan Buku Emperan (ABE) Bojonegoro.

Komunitas ini, mempunyai cara yang unik untuk mengenalkan budaya literasi di masyarakat, khususnya anak-anak kecil maupun remaja. Dari menyediakan berbagai macam genre buku, seperti novel, buku Sosial, ekonomi, sastra dan lainya, dengan cara  menawarkan membaca buku gratis, serta belajar mendongeng, dan berbagai cara yang lainya.

Kordinator ABE, Naurotun Khoirina Muzamiliya memaparkan, sebenarnya komunitas ini sudah berdiri sekitar hampir satu tahun yang lalu, yang mana sudah ada sekitar 15 anggota, yang mayoritas masih bersetatus sebagai mahasiswa.

"Kita biasanya mengadakan bazar buku setiap satu minggu sekali, pada hari Sabtu sore sampai malam hari saja, yang berada di Alun-alun Bojonegoro,"ujar mahasiswi semester 4 asal Uneversitas Negeri Airlangga (UNAIR) Surabaya itu.

Ia dan teman-temanya, sengaja memilih kalangan anak-anak khususnya, karena dinilai masih mudah untuk menerapakan budaya membaca. Karena juga belum mempunyai kesibukan yang lainya, berbeda dengan orang-orang dewasa yang pastinya sudah malas untuk membaca karena kesibukanya, namun, juga tidak ada kata terlambat untuk belajar.

"Sengaja kami memulainya dari anak kecil/pemuda, karena mereka adalah generasi negara ini, yang mana kemajuan negara ini tergantung di mereka," lanjut perempuan asal Kecamatan Balen ini.

Di sisi lain, komunitas ini, dulunya juga pernah dilarang buka stand di sekitar alun-alun, tepatnya di depan Pendopo Bojonegoro oleh Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP), dikarenakan dirasa menggangu keindahan, sehingga sempat fakum beberapa bulan, karena kesulitan mencari tempat membuka stand.

"Kemudian kami meminta izin kepada Pemerintah Bojonegoro, agar bisa membuka stand di Alun-Alun, sehingga kemudian mendapatan izin, dan malah mendapat tanggapan yang positif dari pemerintah Bojonegoro," paparnya kepada blokBojonegoro.com.

Untuk buku Komunitas ABE sendiri, kebanyakan berasal dari para anggota, yang mana meminjamkan dan menaruh bukunya di Komunitas ini dan apabila mau diambil lagi juga boleh, selain itu juga pernah mendapatkan beberapa sumbangan beberapa buku dari beberapa instansi.[din/ito]
 

Tag : komunitas, baca, dongen, ABE, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat