Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dispertan Siapkan Alat Pertanian Bagi Petani

blokbojonegoro.com | Monday, 19 June 2017 11:00

Dispertan Siapkan Alat Pertanian Bagi Petani

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Untuk meningkatkan produksi pertanian, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Bojonegoro, menyiapkan beberapa alat pertanian secara gratis. Diantaranya mesik traktor roda empat sebanyak 20 unit dan mesin pemanen padi sebanyak 14 unit.

Kasi Pupuk dan Alat Sintan, Dispertan Bojonegoro, Taufan Meganara, menjelaskan alat tersebut berasal dari pemerintah pusat untuk mempermudah para petani dalam hal bercocok tanam. Alat-alat tersebut sudah tersedia sejak tahun kemarin.

"Para petani sudah banyak yang meminjam alat ke sini," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Proses peminjaman sendiri, kata dia, harus ada surat dari kelompok tani, yang kemudian diberikan kepada Dispertan. Selain itu untuk peminjaman alat tersebut dibatasi 20 hari. Namun petani boleh memperpanjang dengan menghubungi Dispertan.

"Biasanya yang paling sering dipinjam adalah alat panen, selain itu memiliki biaya yang murah dibanding dengan menyewa orang untuk memanen," lanjut pria yang akrab disapa Taufan.

Selain itu, Dispertan akan memberikan pendampingan bagi para petani yang belum bisa menjalankan peralatan tersebut. Biasanya, setelah pendapingan tersebut para petani langsung bisa menggunakanya, karena sangat mudah dalam pengoprasianya.

"Untuk bianya pendampingan tersebut, tergantung dari kelompok tani yang menentukanya," pungkasnya. [din/fah]

Tag : pertanian, Dinas, Petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini