07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diduga Pelaku Hate Speech, Pemuda Gayam Diamankan Polisi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 28 June 2017 18:00

Diduga Pelaku Hate Speech, Pemuda Gayam Diamankan Polisi

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Jajaran SatReskrim Polres Metro Bekasi, pada Rabu (28/6/2017), sekira pukul 01.00 WIB dini hari,  menjemput dan mengamankan BI (24) warga Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang diduga telah melakukan tindak pidana hate speech atau penghinaan dan menyebarkan rasa kebencian melalui media sosial Facebook, terhadap warga Kota Bekasi.

Kapolsek Gayam, AKP. Wiwin Rusli mengungkapkan, sebelum ada laporan tertulis dan permintaan dari jajaran SatReskrim Polres Metro Bekasi, Polsek Gayam berinisiatif mengamankan BI (24). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah BI melarikan diri.

"Selain itu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, yang kemungkinan bisa saja mengancam BI,” terang Kapolsek.

Setelah tim Cyber Troopers Polres Bojonegoro pada Selasa (27/6/2017) pagi, mendapati postingan di Facebook, yang berisikan penghinaan dan menyebarkan rasa kebencian, dan juga setelah diketahui pemilik akun itu adalah warga Desa Bonorejo, pihaknya langsung melakukan penyelidikan ke rumah BI.

Setelah diketahui BI sedang berada di rumah, kata Kapolsek, selanjutnya pada Selasa (27/6/2017) sekira pukul 10.00 WIB pagi, Kapolsek Gayam bersama anggota segera mengamankan pelaku ke Mapolsek setempat. "Setelah kami amankan, barulah kami berkoordinasi dengan SatReskrim Polres Bojonegoro yang selanjutnya berkoordinasi dengan jajaran SatReskrim Polres Metro Bekasi," imbuh AKP. Wiwin Rusli.

Meskipun belum ada laporan tertulis maupun permintaan dari jajaran SatReskrim Polres Metro Bekasi, pihaknya menganggap bahwa postingan yang dilakukan oleh pelaku di Facebook tersebut telah memenuhi unsur melanggar Pasal 45 Ayat (3) Undang-undang Nomor 19 tahun 2016, tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektonik.

"Cepat atau lambat, kami duga pasti akan ada laporan tertulis, mengingat komentar warga Bekasi yang merasa tersinggung menuntut agar pelaku ditindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku," terang Kapolsek.

Selain itu, Kapolsek Gayam menduga, tidak lama berselang, telah terbukti bahwa pada Selasa (27/6/2017) sekira pukul 13.00 WIB siang, seorang warga Kota Bekasi, Suherman Haramaen (44) alamat Kampung Pengarengan RT.013/RW.006 Desa Sukadaya Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi, melaporkan BI ke Polres Metro Bekasi, sesuai Laporan Polisi Nomor LP/608A/375-SPKT/K/VI/2017/SPKT/Restro Bekasi, tertanggal 27 Juni 2017, atas dugaan pidana penghinaan dan menyebarkan rasa kebencian melalui media sosial.

Selanjutnya, masih kata Kapolsek, setelah diketahui adanya laporan tertulis tersebut, Kapolsek secara intens berkoordinasi dengan SatReskrim Polres Bojonegoro, dan didapati informasi bahwa anggota jajaran SatReskrim Polres Metro Bekasi akan menjemput pelaku ke Bojonegoro.

"Guna mempercepat proses penyerahan pelaku, sekira pukul 22.00 WIB, pelaku kami bawa ke Mapolres Bojonegoro," Ucap Kapolsek Gayam.

Pada Rabu (28/6/2017) sekira pukul 00.00 WIB, 3 orang anggota dari SatReskrim Polres Metro Bekasi yang dipimpin oleh Aiptu. Teguh tiba di Mapolres Bojonegoro. Selanjutnya pelaku diserahkan dan langsung dibawa petugas ke Polres Bekasi, guna menjalani proses hukum lebih lanjut.

Atas perbuatannya, pelaku disangka telah melanggar Pasal 45 Ayat (3) Undang-undang Nomor 19 tahun 2016, tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektonik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp750 juta. [zid/mu]

Tag : pencemaran nama baik, pemuda gayam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat