08:00 . Hari Ini Bengawan Solo Siaga Hijau Trend Naik   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   18:00 . Jalin Sinergitas, Dandim Bojonegoro Silaturahmi Bersama FKUB dan Tokoh Lintas Agama   |   17:00 . Vakum Akibat Covid-19, Gantangan Burung Kicau Eksis Kembali   |   16:00 . Satreskrim Polres Bojonegoro Ringkus 9 Remaja Pelaku Pengeroyokan Di Balen   |   15:00 . Satresnarkoba Polres Bojonegoro Ungkap 4 Kasus Narkoba   |   14:00 . Provinsi Jatim Tertinggi Turunkan Kemiskinan   |   13:00 . Seorang Ayah Setubuhi Anak Tirinya 5 Kali, Terancam Meringkuk 13 Tahun di Penjara   |   12:00 . Bawa Kabur Kendaraan Setelah Kenalan Lewat Medsos dan Kopdar, Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi   |   11:00 . Cetak Pendidik Qur'ani, Prodi PAI UNUGIRI Gelar Workshop Metode Baca Al-Qur'an An-Nahdliyah   |   07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |  
Fri, 21 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

8 Fakta Unik Seputar Rambut di Bagian Tubuh

blokbojonegoro.com | Saturday, 01 July 2017 07:00

8 Fakta Unik Seputar Rambut di Bagian Tubuh

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pria dan wanita menghabiskan puluhan juta setiap tahunnya hanya untuk menghilangkan rambut-rambut yang tumbuh di tubuh mereka. Mulai dari sinar laser, waxing, sampai cara yang lebih tradisional.

Rambut di tubuh, atau sering disebut sebagai bulu, memang bisa menjengkelkan jika tumbuh di tempat yang mudah terlihat, seperti ketiak, kaki, atau tangan.

Sebenarnya para ahli juga belum mengetahui dengan jelas mengapa ada bulu di bagian tubuh tertentu. Tidak semua bulu juga bisa diperlakukan sama, ada yang kemunculannya justru dianggap berkah karena bisa memberi kesan seksi dan maskulin.

Ketahui apa saja fakta unik seputar rambut di bagian tubuh ini.

1. Ada dua tipe

Tipe yang pertama adalah rambut terminal adalah bagian rambut yang panjang dan tebal, misalnya janggut, bulu di organ kemaluan, dan juga bulu ketiak. Sementara itu tipe rambut vellus yang lebih halus, mmisalnya saja bulu di tangan.

Bayi juga memiliki bulu yang berbeda, yang disebut dengan lanugo. Bulu-bulu halus ini biasanya akan hilang tak lama setelah bayi lahir.

2. Mengatur suhu

Rambut di tubuh membantu mengatur keringat sehingga tubuh terasa lebih sejuk. Jika suhu dalam tubuh terlalu tinggi bisa mengancam nyawa.

3. Rontok 150 helai setiap hari

Rambut yang rontok 100-150 helai setiap hari tergolong normal karena akan selalu ada rambut yang baru tumbuh. Mayoritas manusia memiliki siklus  rambut 100.000 helai dalam tiga tahun dan digantikan setiap hari.

4. Rambut di organ vital selalu dipangkas

Sekitar 90 persen orang mencukur atau memangkas rambut di organ kemaluan mereka. Peneliti juga menemukan bahwa menurut survei 60 persen pria lebih menyukai jika pasangannya tidak memiliki rambut kemaluan. Sementara itu, sekitar 19 persen pria mengaku selalu mencukur habis rambut pubis mereka.

5. Ada kaitan dengan kecerdasan

Menurut salah satu penelitian, makin banyak rambut di tubuh makin cerdas pula seseorang.

6. Alis mata mencegah keringat masuk mata

Alis mata memiliki fungsi utama mencegah keringat, air, dan juga debu terjatuh masuk ke dalam mata. Bentuk lengkungan alis juga mencegah air atau keringat masuk sehingga mata tetap kering. Bentuk alis juga memengaruhi kemampuan kita melihat.

7. Bulu dada pada wanita

Tak sedikit wanita yang juga memiliki rambut halus di bagian payudaranya. Pertumbuhan payudara yang pesat ternyata membuat semacam stretch marks yang akan memudar seiring waktu. Pada gadis remaja, pubertas juga membuat rambut halus tumbuh di sekitar aerola.

8. Penyakit langka 

Pada tahun 2012 dilaporkan ada seorang wanita berusia 28 tahun yang mengalami pertumbuhan rambut di kukunya. Dokter menemukan folikel rambut di tubuhnya memproduksi sel kulit dan sel rambut 12 kali lebih banyak dari orang normal. Akibatnya folikel rambutnya justru memproduksi kuku dan bukannya rambut.

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/06/30/181700920/

8.fakta.unik.seputar.rambut.di.bagian.tubuh

Tag : Bulu, tubuh, manusia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat