15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Terpilih Sebagai 25 Kabupaten/Kota Project Smart City

blokbojonegoro.com | Monday, 17 July 2017 12:00

Bojonegoro Terpilih Sebagai 25 Kabupaten/Kota Project Smart City

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pretasi membanggakan bagi Kabupaten Bojonegoro, karena mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Republik Indonesia (RI), yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, telah memasukkan Kabupaten Bojonegoro sebagai salah satu Kabupaten yang mendapatkan pendampingan menuju 100 Kabupaten/Kota Smart City Di Indonesia.

Hal ini terungkap saat bimbingan teknis dalam rangka menuju 100 Smart City Kabupaten tahun 2017, Senin (17/7/2017) di Ruang pertemuan lantai 4 Gedung Pemkab Bojonegoro.

Hari Kushariyanto, salah satu pendamping yang ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Project Smart City, dalam kesempatan ini mengatakan, target 100 kabupaten dan kota menjadi Smart City di Indonesia. "Di tahun 2017 ini terpilih 25 kabupaten dan kota yang akan didampingi menuju 100 kabupaten/kota smart city di Indonesia, termasuk Bojonegoro," jelasnya.

Untuk tahun 2017 ini, dari 25 kabupaten dan kota ini salah satunya adalah Kabupaten Bojonegoro. Dipilihnya Kabupaten Bojonegoro karena berdasarkan dari beberapa indikasi salah satunya kabupaten ini dinilai positif dalam pengembangan IT dan lain sebagainya yang menuju ke arah smat city di Indonesia.

"Bersama 22 pendamping lainnya mendapatkan kepercayaan dari Menkominfo, untuk mendampingi dan menjadi mitra kabupaten dan kota menuju 100 kabupaten/kota Smart City di Indonesia," terangnya.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur P, dalam laporannya selaku ketua penyelenggara mengatakan, kegiatan bimbingan teknis kali ini merupakan keberlanjutan dari mekanisme pemilihan 100 kabupaten/kota Smart City yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

Setelah terpilihnya Bojonegoro ini, lanjut Kusnandaka, pada tanggal 22 Mei lalu dilakukan penandatanganan kerjasama antara Kabupaten Bojonegoro dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menuju 100 kabupaten/kota smart city di Indonesia. Kemudian Bupati mengeluarkan Keputusan Bupati Bojonegoro Nomor 188/207/KEP/412.013/2017 tentang Dewan Smart city.

"Yang melibatkan semua komponen 4 sekawan di Kabupaten Bojonegoro mulai pemerintah, bisnismen, akadimisi dan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk pengembangan Smart City," paparnya.

Dituturkan oleh Kusnandaka, implementasi IT di Bojonegoro sudah dilakukan di beberapa OPD, antara lain Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan dan Dinas Koperasi dan UKM serta sektor lainnya.

Sementara itu, Yayan Rohman, asisten III Pemkab Bojonegoro, saat membacakan sambutan Bupati Bojonegoro mengatakan, terpilihnya Kabupaten Bojonegoro ini merupakan suatu tantangan dan kebanggaan bagi Kabupaten Bojonegoro. "Apalagi jika ditilik dari sejarah panjang Kabupaten Bojonegoro, dimana hidup di daerah ini kemiskinan adalah bagian hidup," katanya.

Ditambahkan, lebih mudah untuk menjadi miskin jika hidup di Bojonegoro. Didukung lagi bahwa 40 persen lebih wilayah Bojonegoro adalah wilayah hutan, sehingga banyak daerah yang tidak terjangkau IT. Belum lagi Bojonegoro bukanlah daerah jujukan wisata maupun bukan daerah pendidikan, sehingga banyak vendor yang tidak tertarik untuk pengembangan IT di wilayah kita.

"Untuk Smart City di Kabupaten Bojonegoro ini adalah fokus pada pengembangan dan strategi apa yang akan dilakukan di Bojonegoro. Apalagi Bojonegoro telah memiliki 5 rencana aksi antaralain revolusi data, open data kontrak, peningkatan kualitas layanan publik, serta peningkatan kapabilitas desa dan tata kelola keuangan," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : kabupaten bojonegoro, smart city



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat