18:00 . Inilah Daftar Pemain Argentina yang Bakal Lawan Timnas Indonesia   |   16:00 . Dua Rumah di Blongsong Bojonegoro Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp250 Juta   |   14:00 . Owner Keripik Pisang Kepok Spesialis Coklat Jadi Young Ambassador Agriculture Kementan 2023   |   12:00 . Berikut Stok Darah PMI Bojonegoro Hari Ini   |   08:00 . Ini Tips Jaga Kesehatan Saat Beribadah Haji   |   20:00 . 5 Aplikasi Edit Foto dengan Mudah di HP   |   19:00 . Giat Perdana, FKUB Bojonegoro Gelar Raker dan Seminar Kebangsaan   |   18:00 . Pertama Kalinya Cristiano Ronaldo Sujud Syukur dulu Baru Siuu... Usai Cetak Gol   |   16:00 . Kursi KA Ekonomi Dimodifikasi, Netizen: Semoga Tarif Tak Dinaikkan   |   15:00 . Kabar Duka, Tokoh Samin Bojonegoro Tutup Usia   |   11:00 . Hari Ini dan Besok Matahari Melintasi Atas Ka'bah, Waktu Tepat Cek Arah Kiblat   |   09:00 . Terima SK, Ratusan PPPK Tenaga Kesehatan Bojonegoro Sumringah   |   08:00 . 5 Tahun Terakhir Angka Kasus Stunting di Bojonegoro Terus Turun   |   07:00 . Jangan Biarkan Anak Langsung Berenang Setelah Makan, Emang Apa Sih Bahayanya?   |   22:00 . Hendak Hadiri Salawatan, Dua Syekhermania Terjatuh dari Truk di Balen   |  
Sun, 28 May 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Seleksi Pengawas Pemilu

Dewan Sayangkan Panwaskab Bojonegoro Tak Ada Perempuan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 18 July 2017 18:00

Dewan Sayangkan Panwaskab Bojonegoro Tak Ada Perempuan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Dalam pengumuman hasil tes tulis yang dilakukan tim seleksi Pengawas Pemilu se-Jawa Timur, tidak ada perempuan yang lolos sebagai Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Bojonegoro. Sehingga hal itu sangat disayangkan politisi perempuan di Kota Ledre.

Padahal dari 63 pendaftar yang dinyatakan lolos ada 53 peserta, dua di antaranya diketahui perempuan yakni Nafidatul Himma dan Eriyul Mufidah. Keduanya selain aktivis perempuan juga akademisi di Kota Ledre, namun keduanya tidak masuk 12 besar peserta yang lolos untuk mengikuti tes wawancara berikutnya.

"Hal ini sangat disayangkan alpanya kehadiran perempuan dalam rekrutmen Panwaskab Bojonegoro, kita harus lebih berupaya keras dan mendorong keterlibatan perempuan dalam politik," kata Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi.

Menurut politisi perempuan partai Gerinda itu, sesuai pengumuman hasil seleksi calon Panwaskab Bojonegoro, 12 nama calon yang diumumkan semuanya laki-laki.

"Ini merupakan cerminan minimnya representasi perempuan dalam instansi politik, sekali pun negara sudah melakukan (affirmative action) untuk mendorong keterlibatan perempuan dalam politik," jelasnya.

Ditambahkan, berbeda dengan institusi partai politik yang mengacu pada Undang-Undang nomor 2 tahun 2011, tentang Partai Politik yang memberikan mandat sekurang-kurangnya 30 persen perempuan di kepengurusan di tingkat pusat dan itu sifatnya mandatory alias wajib sebagai prasyarat keikutsertaan dalam Pemilu.

"Sedangkan dukungan keterlibatan perempuan dalam Institusi KPU dan Panwas mengacu pada UU penyelenggaraan pemilu  nomor 15 tahun 2011 keanggotaan KPU dan Bawaslu (pusat dan daerah) memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen tidak mandatory (wajib)," pungkasnya.[zid/lis]

Tag : panwaskab, dewan, pemilu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 11 April 2023 18:00

    Lokakarya Video Pendek

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL Reporter blokBojonegoro.com (bB) dan blokTuban.com (bT) yang tergabung dalam Blok Media Group (BMG) berhasil memborong juara pada Lomba Video Pendek yang diselenggarakan operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat