Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DLH Sayangkan Kebakaran Masih Marak di Hutan Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Saturday, 12 August 2017 18:00

DLH Sayangkan Kebakaran Masih Marak di Hutan Bojonegoro

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Seminggu terakhir ini kebakaran sudah terjadi beberapa kali di hutan Bojonegoro bagian selatan. Kabakaran terjadi di sebagian BKPH Dander, BKPH Clebung, BKPH Pradok, BKPH Ngunut dan lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan terkait peristiwa kebakaran hutan tesebut.

Sebab, kata Nurul, jika kebakaran hutan terjadi bisa meyebabkan hutan semakin gundul. "Sehingga fungsi peneduh berkurang di Kabupaten Bojonegoro," ujarnya.

Disamping itu, pada Rabu (9/8/2017), Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto menyampaikan surat edaran Gubernur Jawa Timur, Nomor 522/12998/022.3/2017 tanggal 18 Juli 2017. Berdasarkan hal tersebut dihimbau agar seluruh jajaran daerah baik dinas intansi terkait dan kecamatan lebih mengintensifkan kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, baik melalui penyuluhan, sosialisai dan kampanye serta fasilitasi kepada masyarakat.

Namun pada Jumat (11/8/2017), kebakaran di Kabupaten Bojonegoro bagian selatan masih saja terjadi. Yaitu di wilayah BKPH Dander dan BKPH Clebung. Kebakaran yang terjadi di dua titik itu tepatnya di pinggir jalan Poros Utama Kecamatan (PUK) Dander-Bubulan. Kondisi cuaca panas serta daun kering yang menumpuk membuat api cepat menyebar.

Sekadar informasi, berdasarkan surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Klimatologi Malang, Nomor: KT.304/110/KMLG/VII/2017 menyebutkan, prakiraan curah hujan di Bojonegoro bulan Agustus diperkirakan sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro sudah memasuki musim kemarau dengan intensitas hujan ringan selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan. Bulan September diperkirakan sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro mengalami kekeringan dan intensitas hujan ringan kurang dari 10 hari dalam satu bulan. Sedangkan untuk Bulan Oktober diperkirakan Kabupaten Bojonegoro mengalami hujan dengan intensitas sedang selama 10 sampai dengan 20 hari dalam satu bulan. [top/mu]

Tag : kebakaran hutan, hutan dander, bubulan sekar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini