07:00 . Saat Tekanan Darah Naik, Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Turun!   |   21:00 . Silaturahmi ke Masyarakat, PKB Pastikan Perjuangkan Nasib Warga   |   20:00 . Polres Bojonegoro Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021   |   19:00 . Jelang Lebaran Petani Clebung Panen Kacang Tanah   |   18:00 . Muhammadiyah Umumkan 1 Syawal Jatuh 13 Mei 2021   |   17:00 . Asyiknya Ngabuburit Sambil Jogging di Kahyangan Api   |   16:00 . Produsen Kuker Jadoel Kebanjiran Pesanan Selama Bulan Ramadan   |   15:00 . Sebagai Reward Lebaran, Remisi Napi Akan di Umumkan Setelah Idul Fitri   |   14:00 . Beragam Olahan dari Kelor di Desa Bogo Miliki Bahan Baku Sendiri   |   13:00 . Indonesia Terima 982 Ribu Dosis Vaksin Untuk Vaksinasi Gotong Royong   |   12:00 . Satgas: Adanya Varian Baru Jangan Disikapi Dengan Panik   |   11:00 . Berbelanja Online Cara Paling Aman Menyambut Lebaran Tanpa Berkerumun di Pusat Perbelanjaan   |   09:00 . Satgas Ingatkan Tradisi Belanja Lebaran Jangan Memicu Klaster Baru   |   07:00 . Tanpa Disadari Anak-Anak Bisa Konsumsi Gula Seperempat Kilo Sehari   |   05:00 . 4 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |  
Thu, 06 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengisian Perangkat Desa Serentak

Inilah 6 Perguruan Tinggi Calon Pihak Ketiga

blokbojonegoro.com | Tuesday, 15 August 2017 17:00

Inilah 6 Perguruan Tinggi Calon Pihak Ketiga

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sempat simpang siur mengenai siapa calon pihak ketiga yang akan digandeng desa lewat fasilitasi Tim Kabupaten mulai ada titik terang. Hal itu muncul setelah rapat koordinasi antara Tim Kabupaten dengan perwakilan desa. Muncul enam Perguruan Tinggi (PT) yang diusulkan menjadi bakal calon pembuat soal.

Data blokBojonegoro.com menyebutkan, PT tersebut rata-rata sudah mempunyai nama dan disepakati oleh berbagai pihak, diantaranya Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

"Awalnya ada usulan delapan Perguruan Tinggi, namun mengerucut menjadi enam tersebut di atas,"  kata Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Bojonegoro, Moch. Choiri, Selasa (15/8/2017).

Usulan calon pihak ketiga tersebut akan disampaikan ke Bupati Bojonegoro dan selanjutnya diundang untuk melakukan presentasi di depan perwakilan desa. Karena banyaknya desa yang akan menggelar pemilihan perangkat serentak, maka kemungkinan besar akan ada perwakilan.

"Kita akan turut serta mengawal bakal calon pihak ketiga sesuai usulan. Jangan sampai nanti yang diundang tidak sesuai dengan enam nama tersebut," tambahnya.

Menurutnya, sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perangkat Desa maupun Perbup Nomor 36 Tahun 2017 yang menjelaskan Peraturan Pelaksanaan Perda Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perangkat Desa, kewenangan penuh ada di tingkat desa (Tim Desa), termasuk pemilihan pihak ketiga. Karena serentak dan banyak desa yang melakukan pengisian perangkat, maka difasilitasi oleh Tim Kabupaten.

"Di pasal 6 ayat (1) huruf i menyebutkan; Tim Tingkat Desa melakukan kerjasama dengan Tim Kabupaten dalam pembuatan soal ujian," tegas Ambik, sapaan karibnya.

Kades Ambik yang juga menjabat Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Bojonegoro itu menambahkan, di ayat (3) lebih jelas yang menyebutkan; dalam pembuatan soal ujian bagi calon perangkat desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf 1, dapat bekerjasama dengan pihak ketiga.

"Pihak ketiga disini sebagaimana diatur dalam ayat (4) adalah perguruan tinggi yang minimal terakreditasi B atau institusi/lembaga yang kompeten," pungkasnya. [zid/mad]

Tag : rekrutmen, perangkat, desa, kosong

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat