Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rahasia Meracik Kopi Tubruk ala Barista

blokbojonegoro.com | Friday, 18 August 2017 07:00

Rahasia Meracik Kopi Tubruk ala Barista

Reporter: - 

blokBojonegoro.com - Kopi tubruk merupakan warisan budaya Nusantara yang masih bertahan hingga saat ini. Banyak penikmat kopi yang memilih menyeduh kopi cara ini karena kopi tubruk akan menampilkan karakter kopi dan cita rasa yang sesungguhnya.

“Buat aku kopi tubruk itu jenis kopi yang paling jujur. Kita langsung bisa merasakan aroma yang real, juga rasanya apakah itu asam, pahit, ataupun spicy” ujar Viki Raharda, barista asal Indonesia yang memenangkan World Barista Championship saat Grand Opening Max Corner di Plaza Semanggi Jakarta (16/07/17)

Cara penyajiaan kopi tubruk memang sederhana karena tidak membutuhkan mesin kopi atau alat lainnya. Bubuk kopi cukup diseduh dengan air panas.

Walau terlihat mudah, menurut Viki ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk mendapatkan cita rasa terbaik kopi:

Menggiling kopi

Aroma kopi yang sudah digiling atau dihancurkan lebih mudah menguap. Jadi akan lebih baik jika Anda menggiling kopi tepat sebelum diseduh .Tingkat kehancuran biji kopi pun harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu halus karena akan menyebabkan kopi menjadi terlalu pahit dan jangan pula terlalu kasar agar kopi tidak terlalu asam.

Seduh dengan air panas

Saat biji kopi sudah hancur, tuanglah air panas secara perlahan agar aromanya semakin keluar. Suhu terbaik untuk menyeduh kopi tubruk berkisar antara 93 – 96 derajat celcius. Semakin rendah temperatur air, maka rasa kopi semakin asam.

Jangan langsung diaduk

Setelah menyeduh, biarkan kopi larut selama 3-5 menit tanpa mengaduknya terlebih dahulu. Biarkan kopi dan air melarut secara alami. Setelah itu, baru diaduk perlahan. Jika menginginkan rasa yang lebih kuat, maka aduklah lebih lama.

Sajikan sesuai selera

Anda bebas untuk mencampurkannya dengan gula atau tidak. Sebagian orang lebih menyukai kopi tubruk tanpa gula untuk menikmati keasliannya. Namun jika Anda penyuka manis, tidak ada salahnya mencampurkan gula atau susu sesuai selera.

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/08/17/130000520/

rahasia-meracik-kopi-tubruk-ala-barista

Tag : Kopi, tubruk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini