13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kenapa Jam 2 Siang adalah Jam Paling "Malesin"?

blokbojonegoro.com | Monday, 28 August 2017 07:00

Kenapa Jam 2 Siang adalah Jam Paling "Malesin"?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bayangkan anda kerja kantoran dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Lalu, pada jam 2 siang, setelah makan siang dan ngobrol asyik dengan rekan kerja, Anda malas, mengantuk, dan ingin pulang.

Terungkap, rasa malas dan mengantuk itu bukan hanya karena Anda makan nasi dalam jumlah banyak yang mengakibatkan peningkatan glukosa dalam darah.

Studi yang dilakukan oleh Jamie Byrne, kandidat doktor dari Swinburne University of Technology, mengungkap bahwa apa yang Anda rasakan pada pukul 2 siang terkait dengan sistem penghargaan otak dan tubuh.

Sederhananya begini. Setiap kali kita melakukan aktivitas, otak kita akan memberikan penghargaan. Bagian otak yang memberikan penghargaan ini adalah putamen kiri, terletak di bagian dasar otak depan.

Otak lebih memberikan penghargaan pada kesenangan yang tak terduga. Misalnya, saat Anda menerima kejutan ulang tahun. Otak juga lebih aktif memberikan penghargaan pada siang hari.

Sepanjang jam kerja, bagian putamen kiri terus aktif. Namun, dalam risetnya yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience minggu ini, Bryne mengungkap bahwa aktivitas itu naik turun dalam setiap jamnya.

Dia merekrut 16 orang laki-laki yang sedang tidak mengalami jetlag untuk bermain tebak-tebakan sekaligus memindai otak mereka.

"Kami menemukan bahwa aktivasi bagian putamen kiri, pusat penghargaan yang berada di bagian dasar otak depan, mencapai level terendah pada jam 2 siang," kata Bryne.

"Tebakan kami, itu terjadi karena otak kita mendambakan penghargaan lebih pada jam-jam tertentu," imbuhnya seperti dikutip Mother News Network, Rabu (23/8/2017).

Saat jam 2 siang, tubuh sudah bekerja berjam-jam. Maka, otak membutuhkan penghargaan lebih. Namun kadang itu tak terpenuhi sehingga berujung pada kelelahan.

Hasil penelitian ini bermanfaat untuk merencanakan kegiatan sehari-hari. Hindari melakukan tugas penting pada jam 2 siang, kecuali terpaksa.

Psikolog Eric Barker yang tak terlibat riset mengajak orang untuk menyusun prioritas pekerjaan. Lakukan pekerjaan paling mudah atau kurang penting pada pukul 2 siang.

Robert J. Davis dari Fitter Faster seperti dikutip CNN, Rabu, mengatakan, olahraga bisa dilakukan pada pagi atau sore hari usai bekerja.

Pemberian kejutan ulang tahun pun perlu memperhitungkan waktu. Jangan memberikan pada pukul 2 siang sebab otak bahkan butuh waktu untuk mencerna kejutan itu. 

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/08/24/180000123/

kenapa-jam-2-siang-adalah-jam-paling-malesin

Tag : Jam, ngantuk, siang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat