13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bulan Depan, Ruang Laktasi Pemkab Bojonegoro Difungsikan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 30 August 2017 14:00

Bulan Depan, Ruang Laktasi Pemkab Bojonegoro Difungsikan

Reporter: M. Yazid, Sutopo

blokBojonegoro.com -
Bentuk pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam memenuhi hak manusia, terutama ibu menyusui akan segera direalisasikan. Buktinya disediakan ruangan Laktasi di lantai I gedung Pemkab Bojonegoro, yang dapat dimanfaatkan ibu-ibu menyusui anaknya saat di gedung bertingkat tujuh tersebut.

"Mulai 1 September 2017 mendatang pemerintah Kabupaten Bojonegoro mulai memfungsikan ruang laktasi yang diperuntukkan kaum ibu utamanya ibu yang menyusui," kata salah seorang petugas dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Dwi Setyorini, Rabu (30/8/2017).

Dijejelaskan Ibu Rini panggilan Dwi Setyorini, ruang laktasi ini adalah pemenuhan hak untuk kaum ibu yang ada di lingkup Pemkab Bojonegoro ini, baik karyawati maupun pengunjung yang tengah melakukan kunjungan atau ada kepengurusan lainnya di area Pemkab Bojonegoro.

"Pojok laktasi ini terletak di lantai I gedung pemkab yang baru, dari pintu utama masuk lurus dan di sebelah kiri atau didepan mushola menjadi ruang laktasi yang disediakan," jelasnya.

Untuk persiapan, sekarang ini pihaknya tengah mempersiapkan segala hal mulai memasang tanda dan beberapa pengumuman. Dikatakan, untuk rungan sudah terisi meja kursi hanya masih menunggu kulkas sebagai penyimpan ASI. Serta di ruang laktasi ini, pihaknya menyediakan tempat dan konselor, sedangkan untuk hygienis alat dan botol serta kelengkapan bisa membawa dari rumah.

"Ruang laktasi nanti akan buka setiap hari, hanya saja untuk koselor hanya dua minggu sekali akan hadir dan memberikan kesempatan konsultasi kepada para kaum ibu menyusui ini," terang Ibu Rini.

Tak hanya untuk laktasi, ruang ini dikhususkan kaum ibu yang membawa balita yang akan menyusui buah hatinya juga bisa memanfaatkan tempat ini. Terlebih lagi banyak kaum ibu menyusui yang bekerja dan mereka tetap harus memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati.

"Sehingga ruang laktasi ini menjadi satu sarana untuk menyediakan ruangan dan ini adalah hak pula bagi para kaum ibu yang bekerja," paparnya.

Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memahami betul bahwa ruang laktasi ini urgent dan harus disediakan di beberapa fasilitas umum seperti area di Gedung Pemkab Bojonegoro, dimana banyak karyawati dan pengunjung utamanya kaum ibu yang masih dalam masa menyusui.

Sehingga ini bentuk kepedulian pemerintah kepada para kaum ibu dan anak –anak bayi, serta balita yang memang membutuhkan asupan ASI eksklusif khususnya di usia 0 sampai 6 bulan yang kemudian akan berlanjut sampai usia 2 tahun bagi anak-anak.

"Ini adalah sebagai upaya pemerintah untuk mewujudkan generasi Bojonegoro yang sehat dan cerdas. Oleh karenanya fasilitas yang sudah disediakan ini hendaknya benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kaum ibu," imbuhnya.

Ia juga menghimbau agar seluruh fasilitas umum juga menyediakan ruang laktasi, karena pada intinya setiap intitusi pelayanan publik harus menyediakan ruang laktasi sebagai pemenuhan hak kaum ibu dan balita.[zid/top/ito]

Tag : laktasi, pemkab, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat