16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

FGD II Raperda Perlindungan Anak Banjir Masukan

blokbojonegoro.com | Friday, 15 September 2017 13:00

FGD II Raperda Perlindungan Anak Banjir Masukan

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Antusiasme masyarakat dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan Anak di Kabupaten Bojonegoro begitu tinggi. Buktinya dalam Focus Group Discussion (FGD) II di hotel and resto MCM, Jum'at (15/9/2017), banyak masukan dari peserta diskusi yang hadir.

Selain dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga diikuti organisasi masyarakat sipil maupun perwakikan organisasi mahasiswa. Serta dipandu Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan dipandu langsung ketua komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sally Atyasasmi.

Sally Atyasasmi selaku moderator FGD meminta kepada peserta diskusi untuk menyampaikan masukan dan usulannya. "Dengan banyaknya masukan, harapannya Perda tentang anak yang dibuat ini bisa sesuai keinginan bersama," terangnya.

Politisi Gerindra Kabupaten Bojonegoro itu menjelaskan, dengan menjadinya Bojonegoro sebagai Kabupaten Layak Anak sekarang ini perlu payung hukum dalam melindungnya. Pasalnya baik pelaku maupun korban perlu mendapatkan pendampingan dan perlindungan yang layak.

Sedangkan ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Mitro'atin yang menyempatkan hadir mengatakan, Raperda yang dibahas ini diharapkan sesuai permintaan masyarakat sehingga meminta masukan untuk menyempurnakannya.  "Dengan adanya masukan Raperda tidak ada dusta di antara kita," ungkapnya yang juga ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bojonegoro itu.

Selain itu legislatif kalau mendapat informasi adanya kasus anak selalu datang kelokasi. Namun sangat disayangkan sampai saat ini belum ada penampungan. "Karena tugas legislatif juga membantu mereka, harapannya anak diperlakukan yang layak," imbuhnya.

Beberapa masukan, disampaikan perwakilan P3A Kabupaten Bojonegoro, Ririn Muktamiroh  mengkhawatirkan pelaku kejahatan yang anak. Pasalnya tempat penampungan atau perlindungan di Kota Ledre, sehingga Perda ini sangat bermanfaat.

"Harapannya nanti ada salter dan tempat yang representatif untuk anak-anak," harapnya.

Sedangkan perwakilan KNPI, Nanang Andrian menilai perlu optimasilasi peran SKPD. pasalnya saat masih gabung dulu seperti Disnakertransos, penangan terhadap anak lebih maksimal karena ada program buat anak.

Termasuk Korpi PMII Bojonegoro, Linda mengusulkan adanya pendampingan terhadap anak harus serius. Dicontohkan kejadian siswa tenggelam, saksi korban perlu mendapatkan pendampingan. "Karena mereka truma dan takut," paparnya.

Selain itu beberapa masukan dan usulan juga disampaikan dari Dinas Pendidikan, pondok pesatren dan peserta FGD yang lain. Namun karena waktu yang membatasi diskusi harus disudahi. "Tetapi usulan dan masukan lainnya bisa disampikan lewat grup WA. karena ini bukan yang terakhir," pungkas Sally Atyasasmi menutup Diskusi.[zid/ito]

Tag : raperda, perlindungan, anak, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat