13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengisian Perangkat Desa Serentak

Sekdes dan Kaur Perencanaan Paling Diminati

blokbojonegoro.com | Monday, 18 September 2017 09:00

Sekdes dan Kaur Perencanaan Paling Diminati

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kepala Urusan Perencanaan (Kaur Perencanaan) menjadi jabatan yang paling diminati dalam seleksi pengisian perangkat desa di Bojonegoro tahun 2017 ini. Dua jabatan itu mendapat pendaftar paling banyak dibanding jabatan yang lain.

Dari total sementara pendaftar calon perangkat ada 7.252 orang, yang meminati sekdes sebanyak 1.724 orang dan kaur perencanaan diminati 1.851 orang.

"Menurut laporan dari kecamatan seperti itu," ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa/Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro, Sugeng Firmanto.

Dikatakan, jumlah peminat sekdes dan kaur perencanaan itu memang banyak, karena di masing-masing desa pendaftarnya banyak.

Sedangkan, jabatan lain yang juga banyak diminati adalah Kepala Dusun (Kasun) dengan jumlah pendaftar 843 orang. Sedangkan jabatan lainnya hanya diminati di bawah 400 orang. Bahkan, ada yang hanya diminati puluhan orang.

"Ketika mendaftar, masing-masing peserta pasti sudah mengukur kemampuannya, sesuai dengan minat jabatan yang diinginkan," tambahnya.

Dari 28 kecamatan yang ada di Bojonegoro, pendaftar terbanyak ada di Kecamatan Kanor dengan total 694 pendaftar. Di kecamatan ini semua jabatan perangkat desa sebanyak sembilan jabatan ada yang kosong.

Mulai dari sekdes, kaur perencanaan, kaur keuangan, kaur TU dan umum, serta kaur umum dan perencanaan. Kemudian, ada juga kepala seksi (kasi) pemerintahan, kasi pelayanan, kasi kesejahteraan dan kepala dusun (kasun).

Sedang di Kecamatan Sumberrejo, dengan jumlah pendaftar sebanyak itu untuk memperebutkan delapan jabatan yang ada. Sebab, satu jabatan yakni kaur umum dan perencanaan tidak ada di kecamatan ini.

Jumlah pendaftar jabatan sekdes sebanyak 144 orang. Sedang jabatan kaur perencanaan diminati 174 orang, yang merupakan pendaftar terbanyak di antaranya 27 kecamatan lainnya.

"Saat ini para pendaftar sedang diverifikasi berkas pendaftarannya. Jika lolos bisa menjadi peserta tes calon perangkat desa," katanya.

Sementara, jumlah seluruh pendaftar masing-masing lowongan adalah kasi perencanaan sebanyak 1.851 orang, sekdes sebanyak 1.724 orang, kasun diminati 843 orang, kasi keuangan diminati 637 orang, kasi TU dan umum diminati 563 orang.

Selain itu, kasi umum dan perencanaan diincar 204 orang. Kasi pemerintahan diminati 572 orang, kasi kesejahteraan diminati 437 orang dan kasi pelayanan diminati 421 orang. Jumlah ini masih mungkin tambah karena ada desa yang belum menutup pendaftaran karena pendaftar belum cukup.

Diberitakan sebelumnya, minat masyarakat untuk menjadi perangkat desa ternyata membeludak. Saat ini saja sudah tercatat ada 7.252 orang yang mendaftar untuk mengikuti tes sebagai calon perangkat desa.

Dari jumlah ini saja, rata-rata satu jabatan perangkat desa diperebutkan tujuh orang. Sebab, lowongan yang ada sekitar 1.034 jabatan. [oel/mu]

Tag : perangkat desa, rekrutmen perangkat desa bojonegoro, tes perangkat desa bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat