15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

HUT Koperasi Kareb

Pernyataan Sikap Tidak Naikan Cukai Rokok

blokbojonegoro.com | Saturday, 07 October 2017 17:00

Pernyataan Sikap Tidak Naikan Cukai Rokok

Reporter: M. Yazid
 
blokBojonegoro.com - Selain sajian pagelaran wayang di halaman Kantor Kareb jalan Basuki Rahmat Sukorejo Bojonegoro, Jum'at (6/10/2017) malam, untuk menyemarakkan HUT Koperasi Karyawan Redriying Bojonegoro (Kareb) ke-41. Acara tersebut juga dilakukan penandatanganan dan pernyataan sikap untuk tidak menaikkan cukai rokok khusus SKT.
 
Hal itu tertuang dalam surat yang dikirim kepada Ibu Sri Mulyani Indrawati, Ph. D, (Menteri Keuangan Republik Indonesia) oleh unit kerja federasi serikat pekerja rokok tembakau makanan dan minuman (UK FSP. RTMM-SPSI) Koperasi Kareb unit SKT MPS Kapas Bojonegoro, sesuai nomor 01/FSP.RTMM.SPSI/MPS KPS/IX/2017 terkait Tarif Cukai.
 
Pertama-tama izinkan kami menghaturkan salam sejahtera kepada Ibu Menteri Keuangan RI, semoga selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amin.
 
Melihat dan memperhatikan berita di media masa, baik di media elektronik maupun media cetak tentang Industri Hasil Tembakau (IHT).
 
Seperti yang telah kami terima dari hasil training dengan Pengurus Pusat Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP RTMM SPSI) di Semarang beberapa waktu yang lalu, maka kami Pengurus Unit Kerja (PUK) FSP RTMM SPSI Koperasi KAREB Unit SKT MPS Kapas sebagai karyawan pada Industri Padat Karya yang memproduksi Sigaret Kretek Tangan (SKT) yang dulu tahun 2013 anggota kami berjumlah 1.806 orang sekarang menjadi 1.175 orang pekerja tergabung dalam Paguyuban Mitra Produksi Sigaret se-Indonesia.
 
"Memohon kepada pemerintah agar tidak menaikkan Tarif Cukai khususnya SKT tahun 2018, karena target cukai rokok di tahun 2016-2017 tidak tercapai yang disebabkan oleh tingginya harga rokok dan juga melarang produk rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang tarif cukainya lebih rendah," terang surat tersebut.
 
Selain itu, keinginannya agar pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan lebih berhati-hati dan lebih bijaksana, dalam mengkampanyekan dampak kesehatan akibat merokok. Termasuk para Bupati dan Walikota dalam membuat Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), agar tidak melebihi Peraturan Pemerintan nomor 209 Tahun 2012.
 
Perlu kami tambahkan disini bahwa, kami bekerja di industri rokok yang memproduksi Sigaret Kretek Tangan ini industri yang betul-betul padat karya dan tentunya sangat boros dalam pembiayaan upah kerja karena murni dikerjakan dengan tangan dalam preses produksinya. "Apabila dibandingkan dengan menggunakan mesin, maka 1 (satu) unit mesin dengan hanya 24 orang tenaga kerja untuk 3 shift bisa menggantikan 4.500 orang karyawan seperti kami," jelasnya.
 
Oleh karena itu kami memohon dengan segala hormat lagi sangat kepada pemerintah melalui Ibu Kementrian Keuangan, agar tidak menaikkan tarif cukai rokok khususnya SKT di tahun 2018. Supaya kami dapat terhindar dari Pemutusan Hubungan Kerja secara masal dan kami tetap bisa bekerja untuk menghidupi keluarga serta menyekolahkan anak-anak kami sebagai generasi bangsa yang menjadi idaman kami.
 
Surat tersebut ditandatangani Pengurus Unit Kerjas FSP RTMM SPSI Koperasi KAREB Unit SKT MPS Kapas Bojonegoro Jawa Timur, Ketua, Sri Purwanti beserta Sekretaris, Anis Yuliati, S.Kom dan Direktur, Sriyadi Purpomo , SE. MM. Termasuk mengetahui dan mendukung Wabup, Drs. H. Setyo Hartono, MM dan Hj. Mitro’atin, S.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro. [zid/mu]

Tag : Koperasi karwb



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat