16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perabot Rumah yang Bisa Jadi Sumber Penyakit

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 October 2017 07:00

Perabot Rumah yang Bisa Jadi Sumber Penyakit

Reporter: -

blokBojonegoro.com -
Penularan penyakit bisa berasal dari mana saja, tapi penyebab tersering sebenarnya ada di sekitar kita, terutama di rumah. Beberapa perabotan rumah yang dipakai sehari-hari merupakan tempat penyimpan kuman.

"Orang mengira dudukan toilet dan lantai adalah tempat paling kotor di sekitar rumah," kata ahli mikrobiologi Profesor Sally Bloomfield dari International Scientific Forum on Home Hygiene.

"Meskipun itu mungkin benar, dan semoga kita tidak menyentuhnya dengan tangan kita. Di sisi lain, pikirkan tentang tempat-tempat lain yang menyimpan kuman sebelum kita memegang makanan, menyentuh mulut, mata, hidung dan wajah."

Virus flu memang akan mati dalam waktu sebentar ketika berada di luar tubuh, namun virus norovirus bertahan berjam-jam, berhari-hari bahkan berminggu-minggu di permukaan yang kering.

"Hal utama yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan secara teratur dan menjaga beberapa barang beresiko terpapar kuman seperti gagang pintu dan telepon genggam, sebersih mungkin," kata Sally.

Berikut beberapa barang di rumah yang harus diwaspadai...

1. Mikroba ponsel

Ini adalah kebiasaan baru manusia modern, membawa ponsel ke mana pun mereka pergi, termasuk ke toilet. Terbukti bahwa 90 persen orang di toilet menggunakan ponsel.

Kursi, pegangan pintu, wastafel dan keran toilet dapat terpapar kuman seperti E. coli (Escherichia coli), yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus, C. diff (Clostridium difficile) yang dapat menyebabkan diare, dan Acinetobacter yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan menular."

Menurut Paul Matewele, ahli mikrobiologi, ponsel sangat berbahaya karena kita membawa barang tersebut ke mana-mana, menyentuh mereka terus-menerus dan menaruh ponsel di atas meja saat makan.

Jika Anda harus membawa telepon ke toilet, bersihkan tangan Anda sampai bersih dan bersihkan dengan lap antibakteri.

2. Tas

"Tas, dompet, dompet dan tas jinjing sering terbukti positif saat diuji untuk kandungan seluruh komunitas kuman, termasuk norovirus, MRSA dan E. coli," kata Paul.

Tas termasuk barang yang sering disentuh tangan, uang, termasuk sisa makanan yang meninggalkan nutrisi mikroskopis yang dapat dimakan bakteri."

Hentikan penyebarannya: Cobalah untuk menggantungkan tas tangan Anda di gantungan daripada meletakkannya di lantai, terutama di bilik toilet, dan hindari menaruh di permukaan dekat makanan. Kosongkan bagian dalam tas dan bersihkan bagian luar sebulan sekali.

3. Remot

Remot sering berada di lantai, di antara bantal sofa dan mungkin berada di mulut hewan peliharaan, jadi tidak mengherankan jika hasil penelitian University of Virginia menunjukkan bahwa remot adalah salah satu yang paling banyak terinfeksi.

"Apa pun yang disentuh orang secara teratur kemungkinan memiliki banyak kuman di dalamnya," jelas Sally. "Itu termasuk sakelar lampu, pintu, dan remote TV." Paul mengatakan banyak remote yang terpapar E. coli.

Hentikan penyebarannya: Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun setelah dari toilet akan membuat barang di rumah tidak terlalu menumpuk kuman. Selain itu, bersihkan juga secara teratur remot di rumah dengan alkohol.

4. Sepatu

Jika Anda termasuk orang yang tidak melepaskan sepatu di luar pintu, perhatikan! Sebuah studi di University of Houston menemukan bahwa 39,7 persen sepatu yang mereka uji membawa C. diff--itulah bakteri fekal yang dapat menyebabkan mulai dari diare hingga infeksi fatal.

"Ketika orang secara tidak sengaja menelan C. diff mereka bisa sangat sakit," jelas Paul. "Jika Anda memiliki anak kecil yang merangkak di lantai, lebih penting lagi tidak mengenakan sepatu untuk aktivitas di luar di dalam rumah."

Hentikan penyebarannya: "Saat bepergian cobalah untuk menempatkan sepatu di tas kain di koper untuk mencegah bakteri berpindah ke pakaian," kata Vicky.

5. Spons

Spons cuci piring seharusnya menyingkirkan kotoran, namun menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan AS NSF International, bekas bakteri coliform - yang mengandung salmonella dan E. coli - ditemukan pada 75 persen dari spons yang mereka uji. Mengapa begitu kotor?

"Spons adalah tempat berkembang biak yang ideal bagi mikroba karena lingkungan yang bergizi, hangat, lembab, dan bahan bergizi dari limbah makanan," jelas Paul.

"Saya secara teratur meneliti spons dapur dan menemukan bahwa mereka membawa salmonella, campylobacter, staphylococcus, E. coli dan listeria, yang semuanya dapat menyebabkan infeksi usus dan kulit ringan sampai parah."

Hentikan penyebarannya: Ganti spons setiap bulan dan cuci mereka pada suhu tinggi di mesin pencuci piring seminggu sekali.

6. Tempat liburan

Tidak ada yang bisa terhindar dari bakteri, bahkan di saat tengah berlibur.  Minum? Sebuah studi tentang hotel di AS oleh ABC News ditemukan di 11 dari 15 gelas minum belum pernah diganti atau baru saja dibilas dan diseka dengan kain kotor.

Lampu: Lampu utama dan sakelar lampu samping tempat tidur adalah dua tempat paling terkontaminasi bakteri di kamar hotel, sebuah studi oleh University of Houston ditemukan.

Tempat tidur: Tempat tidur di hotel memiliki beberapa jumlah kuman tertinggi dalam studi Universitas Leeds Beckett. Satu, dari hotel bintang lima, sangat tinggi sehingga "tak terukur".

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/09/160000920/
perabot-rumah-yang-bisa-jadi-sumber-penyakit-

Tag : perabot, kuman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat