19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penyebab Jari Kaki Sering Kram

blokbojonegoro.com | Saturday, 14 October 2017 07:00

Penyebab Jari Kaki Sering Kram

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Anda mungkin pernah terbangun di malam hari karena bagian betis mendadak nyeri dan kaku saat digerakkan. Atau jari-jari kaki mendadak seperti terpuntir, kaku, dan sakit luar biasa. Kondisi itu disebut juga dengan kram.

Menurut Charles Kim, dokter spesialis rehabilitasi muskuloskeletal, kram terjadi ketika otot-otot dipakai berlebihan.

Meski begitu, waspadai kram yang makin lama semakin memburuk. "Terlalu sering kram bisa menjadi sinyal adanya kondisi medis yang belum diketahui, terutama yang terkait dengan sirkulasi atau sistem saraf pusat," kata Kim.

Secara umum, kram di bagian kaki atau jari kaki bukanlah kondisi berbahaya dan bisa diatasi dengan pengobatan sendiri.

Kram di jari-jari kaki memiliki banyak penyebab, tetapi penggunaan berlebihan, dehidrasi, dan kekurangan mineral (terutama potasium, kalsium, dan magnesium), merupakan pemicunya.

"Saat kita berolahraga, kita mengeluarkan mineral yang diperlukan otot melalui keringat. Kekurangan mineral itu menyebabkan kontraksi otot atau spasme, alias kram," kata Kim.

Kram pada jari-jari kaki juga biasanya disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar di kaki, misalnya karena alas kaki terlalu sempit.

Faktor usia yang bertambah juga bisa membuat kram lebih sering diderita. Ini karena tulang mulai kehilangan kalsium dan elastisitas otot berkurang.

Selain itu, penuaan juga terjadi pada saraf dan fungsi vaskular karena saraf, yang memberi nutrisi dan sinyal ke otot, mulai menurun fungsinya.

Kram di kaki bisa dicegah, mulailah dengan memilih alas kaki yang nyaman. Jika selama ini Anda selalu memakai sepatu tumit tinggi, perbanyaklah menggunakan sepatu bertumit datar.

Menjaga hidrasi tubuh juga penting. Kim merekomendasikan mengonsumsi minuman elektrolit setelah olahraga serta mengonsumsi makanan yang mengandung potasium dan kalsium.

Jika selama ini frekuensi olahraga Anda cukup tinggi, kurangilah agar tidak terjadi tekanan berlebihan pada otot. Namun, bila Anda tidak pernah berolahraga, mulailah. Gaya hidup kurang bergerak akan membuat sirkulasi darah tidak lancar.

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/03/29/080000823/

penyebab.jari.kaki.sering.kram

Tag : Kram, kaki, kesemutan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat