16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sosok Pembuat Komik yang Jadi Juara III se-Jatim

Kerja Bangunan, Tak Sangka Bisa Sekolahkan Anak Hingga SMA

blokbojonegoro.com | Monday, 16 October 2017 11:00

Kerja Bangunan, Tak Sangka Bisa Sekolahkan Anak Hingga SMA

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Dibalik kemahiran Aditya Andra Faersa membuat komik, ternyata ia berasal dari keluarga yang sederhana. Bahkan yang lebih hebat lagi, orang tua Andra rela banting tulang memeras keringat berkerja demi bisa menyekolahkan Andra hingga duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) seperti saat ini.

Baca juga [Sosok Pembuat Komik yang Jadi Juara III se-Jatim]

"Dulu tak menyangka bisa menyekolahkan Andra hingga jenjang SMA. Sebab ekomomi saya serba pas-pasan," kata Dwi Setyowati yang merupakan Ibu dari Andra sapaan akrab Aditya Andra Faersa.

Dalam menjalani hidup berumah tangga memang semua serba sederhana. Dirinya hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, sedangkan ayah Andra berprofesi sebagai pekerja bangunan. "Benar-benar tak menyangka," ujar Dwi Setyowati saat bercerita kepada blokBojonegoro.com, Minggu (15/10/2017) di rumahnya, RT.03/RW.01, Desa/Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro.

Lebih lanjut cerita ibu Andra, baginya harta kekayaan tak melulu berupa uang. Namun, anak sholeh dan pandai juga merupakan rezeki yang tak ternilai harganya.

"Kadang banyak orang kaya harta. Namun anaknya di suruh sekolah malah tidak mau, akhirnya orang tua tersebut tersiksa batinnya," beber Dwi Setyowati memaknai hidup.

Sementara itu, Suyitno, ayah Andra bertekat, dengan kondisi yang ada saat ini, dirinya berniat menyekolahkan sang anak ke jenjang yang lebih tinggi. "Sudah terlanjur terjebur ya sekalian basah," terang Suyitno menggambarkan semangat yang berkobar demi mewujudkan cita-citanya menyekolahkan sang anak lebih tinggi.

Saat ini, untuk membayar sekolah Andra, dibantu oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah. Bagi Suyitno, anak semata wayangnya itu memang berbeda. "Andra anaknya dulu waktu kecil kalau tidak bisa mengerjakan sesuatu nangis dulu. Dan berusaha hingga dirinya bisa," ungkap Suyitno dengan penuh bangga.

Diketahui, Suyitno saat ini menjadi pekerja bangunan di wilayah Surabaya-Gresik Jawa Timur. Dirinya harus berpisah dengan keluaga untuk sementara waktu. Dan pulang sesekali waktu untuk mengantarkan uang belanja dan melepas rindu dengan keluarga.

Diberitakan sebelumnya, hoby menggambar Andra sudah ada sejak kecil dan diasah secara otodidak. Disamping itu, Andra mengaku juga bisa membuat miniatur rumah atau yang lainnya. Sehingga Andra dan dua rekannya berhasil menjadi juara III lomba komik se-Jawa Timur, dengan judul komik 'Dendam ki Ageng Pemanahan, Gugurnya Arya Panangsang," yang mewakili Bojonegoro. [top/mu]

Tag : komik, komik sejarah, pembuat komik, pemuda berbakat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat