13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Olahraga Terbaik di Dunia Versi Harvard University

blokbojonegoro.com | Wednesday, 18 October 2017 07:00

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Untuk menjaga bentuk badan tetap ideal, olahraga apa yang biasa kamu lakukan?

Kebanyakan akan menjawab jogging atau lari sebagai cara paling efektif. Secara ilmiah, lari memang terbukti mampu membakar lemak, meningkatkan produksi endorfin (hormon bahagia), dan menyehatkan jantung.

Namun di sisi lain, lari bisa berdampak buruk pada tempurung lutut. Semua karena gesekan tulang sendi yang terjadi secara intens dan terus-menerus. Dan jika boleh jujur, tak sedikit pula orang yang merasa malas dan kurang menyukai olahraga lari. Apakah kamu salah satunya?

Baru-baru ini, seorang profesor asal Harvard University baru saja mengemukakan fakta yang menarik seputar jenis olahraga yang baik untuk kesehatan. Adalah profesor I-Min-Lee, yang memaparkan sejumlah olahraga yang jauh lebih baik dibanding lari.

Jenis olahraga berikut ini dikatakan jauh lebih efektif menurunkan berat badan, membentuk otot, memperkuat tubuh, hingga meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Ini dia sederet olahraga terbaik di dunia versi Harvard Univesity:

1. Berenang


Ini tentunya merupakan kabar gembira bagi para perenang seluruh dunia. Renang merupakan salah satu olahraga paling sehat di dunia. Apa sebabnya? Karena ketika berenang, kamu akan menggerakkan seluruh otot yang ada pada tubuh. Mulai dari ujung kaki hingga kepala. Selain itu, detak jantung juga akan terpacu dan bisa memperlambat pikun.

Renang juga baik bagi penderita arthritis, lho. Seperti dilansir Metro, berenang minimal 30 menit sehari mampu meredakan stres dan depresi.

2. Berjalan Kaki


Sekilas, berjalan tampak seperti kegiatan sepele yang tak berarti. Namun tahukah kamu bahwa berjalan dengan kecepatan sedang 30 menit setiap hari memiliki dampak positif bagi tubuh?

Sebuah studi menemukan bahwa orang tua berusia 60 sampai 88 tahun yang berjalan 30 menit setiap hari (dilakukan selama 12 minggu) terbukti terhindar dari pikun. Penelitian lain juga mengemukakan fakta lain yang tak kalah luar biasanya.
Penderita gangguan depresi terbukti membaik secara signifikan setelah menjalani sesi terapi berjalan selama 30 menit yang dilakukan selama 10 hari berturut-turut. Masih meragukan efek positif berjalan kaki?

3. Tai Chi


Karena bersifat santai dan meditatif, Tai Chi terkenal baik untuk melatih konsentrasi dan menenangkan pikiran. Namun lebih dari itu, Tai Chi juga sempurna untuk melatih keseimbangan tubuh, khususnya untuk orang tua.

“Ini baik bagi orang berusia lanjut karena keseimbangan merupakan faktor penting bagi kesehatan tubuh, dan seiring bertambah tuanya kita, keseimbangan akan mulai berkurang,” ujar Lee.

4. Latihan Kekuatan Otot


Jika kamu merupakan anggota klub pusat kebugaran, kelas Body Pump merupakan olahraga terbaik untuk membentuk tubuh. Di kelas ini, kamu akan menjalani latihan angkat beban mengikuti panduan instruktur.

Ada beberapa sesi yang akan kamu jalani. Mulai dari latihan otot paha, bokong, perut, bahu, dada, hingga lengan.
 
Beban yang kamu angkat tak akan berat, hanya berkisar dua hingga enam kilogram, menyesuaikan dengan kemampuan tubuh. Akan ada banyak set dengan repetisi mencapai 12 hingga 20 gerakan.

Percayalah, untuk kamu yang tak terbiasa berolahraga, body pump akan terasa begitu ‘menyiksa’. Sekujur tubuh akan terasa pegal karena digerakkan mendadak dalam waktu bersamaan. Namun jika rutin dilakukan (dua hingga tiga kali seminggu), rasa sakit akan berganti sengan kapasitas tubuh yang lebih bugar. Dijamin ketagihan!

Dari keempat olahraga tersebut, mana yang jadi favoritmu?

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat