13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Goa-Goa Indah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

blokbojonegoro.com | Saturday, 28 October 2017 12:00

Goa-Goa Indah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja? Ingin merasakan pengalaman liburan yang lain daripada yang lain? Tak perlu cemas, kini wisata tidak melulu soal pantai dan gunung. Banyak destinasi wisata di Indonesia dengan nuansa berbeda yang bisa kalian kunjungi loh. Salah satunya adalah menelusuri keindahan alam bawah tanah, yakni wisata Goa.

Siapa yang mengira jika salah satu Goa di Indonesia dinobatkan sebagai Goa terindah di Asia Tenggara. Penasaran Goa apa itu? Tenang, sebelum ke sana, pastikan tiket pesawat Batik Air sudah kalian dapatkan. Karena, selain harga yang terjangkau, dengan tiket pesawat Batik Air di tangan, kalian bisa menelusuri keindahan Goa-Goa di seluruh Indonesia.

Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata Goa di Indonesia yang terkenal akan keindahannya.

 

Goa Pindul

b(1)

 sumber:goapindulwirawisata.com

Goa yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul ini namanya sudah terkenal di kalangan wisatawan. Yang menarik dari Goa Pindul ini, kalian bisa melakukan cave tubing, yakni menyusuri kedalaman goa dengan menaiki ban pelampung di atas sepanjang aliran sungai.

Dengan panjang aliran sungai sekitar 350 meter, lama menyusuri Goa Pindul ini membutuhkan waktu kurang lebih selama satu jam. Di akhir perjalanan menyusuri goa, kalian akan bertemu dengan sebuah DAM, yang lebih menarik lagi, kalian bisa melompat dari atas DAM tersebut.

 

Goa Gong

c(1)_1

 sumber:touristama.com

Goa yang satu ini dinobatkan sebagai goa terindah di Asia Tenggara, Goa Gong namanya. Di dalam Goa ini, kalian bisa melihat keindahan Stalaktik dan Setaklamit yang sangat cantik. Berlokasi di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Goa Gong bisa kalian kunjungi memalui Solo, Ponorogo, maupun Wonosari.

Jika kalian mengunjungi goa indah ini, tak ada ruginya untuk mengunjungi juga Goa Tabuhan yang letaknya tak jauh dari Goa Gong.

 

Goa Petruk

 

d(1)_1

 sumber:iqbalkautsar.com

Terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Goa Petruk memiliki keistimewaan yang tak bisa kalian temukan di tempat lain. Keistimewaan tersebut yakni terdapatnya sejumlah sendang, air terjun, dan sungai di dalam goa.

Tidak hanya itu, Stalaktit dan Stalagmit di dalam Goa Petruk mempunyai beragam bentuk, seperti bentuk buaya, mayat, lumbung, dan juga payudara. Perpaduan dari kedua keindahan itulah yang membuat Goa Petruk sangat terkenal hingga mancanegara.

Jika Goa Gong merupakan goa terindah se Asia Tenggara, Goa Petruk ini dinobatkan sebagai goa terindah di Pulau Jawa.

Goa Jatijajar

Masih di Kabupaten Kebumen, selain Goa Petruk, ada satu lagi goa yang patut jadi tujuan kalian berlibur. Yakni Goa Jatijajar. Berlokasi di Desa Jatijajar, goa ini merupakan goa batu kapur dan ditemukan sejak tahun 1802.

Yang menarik adalah, Goa Jatijajar ini ditemukan oleh salah seorang petani yang jatuh ke dalam sebuah lobang. Lobang itulah yang kini dikenal dengan nama Goa Jatijajar. Nama Jatijajar diambil dari sebuah pohon jati yang berjajar di mulut goa. Karena itulah goa ini dinamakan Jatijajar.

Selain bisa melihat-lihat stalagmite dan stalaktit, di dalam goa tersebut kalian juga bisa menemukan 8 diorama dan 32 patung. Patung-patung tersebut menceritakan sebuah kisah yang terkenal, yakni kisah Raden Kamandaka atau yang lebih dikenal dengan Lutung Kasarung.

Yup! Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata goa indah yang ada di Indonesia. Pastinya bisa dijadikan alternatif liburan kalian selain ke pantai dan juga gunung bukan?

Selamat berlibur!
 

Tag : goa, indah, indonesia, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat