16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jadi Ladang Pajak, Jonan Dorong Perusahaan Migas Transparan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 November 2017 06:00

Jadi Ladang Pajak, Jonan Dorong Perusahaan Migas Transparan

Reporter: -

blokBojongoro.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akan meningkatkan transparansi perpajakan dan akuntabilitas laporan keuangan, pada perusahaan yang bergerak di sektor ESDM.

Penerapan transparansi perpajakan dan akuntabilitas pada perusahaan yang bergerak pada sektor ESDM sangat penting. Ini bertujuan membuat setoran pajak menjadi lebih baik.

"Kami sendiri mendorong bahwa transparansi itu menurut kami penting sekali. Sehingga masalah pembayaran pajak , akuntabilitas bisa lebih baik," kata Jonan, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Ketika baru menjabat sebagai Menteri ESDM, yang berbarengan dengan program pengampunan pajak (tax amnesty), ‎Jonan mengaku mendapat pesan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, agar lebih aktif mendorong transparansi dan ketaatan membayar pajak ke perusahaan yang ditangani Kementerian ESDM .

"Salah satu yang dikemukakan menteri keuangan pada waktu itu, bahwa sektor energi dan sumber daya mineral dan pertambangan termasuk kelistrikan, diminta untuk lebih aktif dan transparan di dalam perpajakan," papar dia.

Berdasarkan catatan Sri Mulyani, perusahaan pada sektor ESDM‎ masuk bisnis skala besar, sehingga potensi pendapatan pajak dari sektor ini juga besar jika transparansi berlaku.

‎"Karena menurut catatan beliau sektor ini, adalah sektor besar yang juga diharapkan untuk bisa lebih transparan," jelas dia.

Jonan menyebutkan, perusahan yang ‎memiliki pendapatan besar adalah PT Pertamina (Persero). Pendapatannya mencapai Rp 700 triliun sampai Rp 800 triliun per tahun. Perusahaan ini membukukan pendapatan terbesar di Indonesia. Kemudian disusul dengan PT PLN (Persero) sekitar Rp 350 triliun.

"Kalau kita lihat perusahaan yang beroperasi di Indonesia , itu tidak ada yang lebih besar dari Pertamina. Pertamina itu topline sales-nya dalam setahun Rp 700 triliun-Rp 800 triliun. Kalaupun digabung semua banking, revenue tidak ada yang segitu," tutup Jonan.

*Sumber: liputan6.com

Tag : migas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat