17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

30% Pencari Kerja Berijazah S1 dan S2

blokbojonegoro.com | Tuesday, 21 November 2017 10:00

30% Pencari Kerja Berijazah S1 dan S2

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dari bulan Januari hingga Oktober 2017, para pencari kerja di Kabupaten Bojonegoro mencapai 3.025 orang. Hal tersebut berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro.

Yang mana pada 10 bulan tersebut jumlah pencari kerja bervariasi, namun yang paling banyak setelah Hari Raya Idhul Fitri, yaitu mencapai 620 orang khususnya bulan Juli. Selain itu, mereka yang belum mendapat pekerjaan pada tahun 2016 mencapai 913 orang.

"Berarti jika jumlah pencari kerja dari tahun 2016 yang belum mendapat pekerjaan ditambah dengan 10 bulan ini mencapai 3.638 orang," ungkap Sugi Hartono, Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Disperinaker Bojonegoro.

Ia menjelaskan, dengan jumlah 3.638 orang tersebut, 60 persen berlatar belakang lulusan SLTA/SMA, 10 persen berlatar belakang SD dan 30 Persen berlatar belakang S1 maupun S2. Untuk lulusan S1/S2 itu juga bervariasi, namun masih banyak jebolan dari Sarjana tingkat 1 (S1).

"Banyak S1 yang daftar ke sini untuk mencari pekerjaan, namun tidak semua lulusan S1 langsung diterima, bahkan bisa berbulan-bulan baru diterima," lanjut Sugi Hartono.

Pria yang akrab disapa Sugi itu menjelaskan, tidak langsung diterimanya para lulusan S1 tersebut bukan karena tidak lolos seleksi, tetapi karena banyak lowongan yang tidak sesuai dengan jurusannya. Seperti jurusan perminyakan yang sebenarnya dibutuhkan di Bojonegoro, namun kebanyakan yang daftar berlatar belakang lulusan pendidikan.

"Banyak juga lulusan S1 yang mendaftar ke lowongan pekerjaan yang bersyarat ijazah lulusan SLTA," katanya kepada blokBojonegoro.com.

Disisi lain, biasanya juga banyak perusahan membutuhkan pegawai yang cukup banyak, bisa mencapai 2.000 orang, seperti perusahaan ikan di Kabupaten Lamongan, tetapi dikhususkan untuk perempuam. Namun, kata Sugi Hartono, yang daftar hanya sekitar 500 orang. "Itu sebenarnya sangat disayangkan, karena bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bojonegoro," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [din/mu]

Tag : lowongan pekerjaan bojonegoro, disperinaker bojonegoro, kerjaan, pengagguran



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat