12:00 . Gerbong Mutasi Bergulir, Dua Kabag dan Satu Kasat Diganti   |   08:00 . JTB Dikembangkan Pertamina EP Cepu Resmi Salurkan Energi Jatim dan Jateng   |   07:00 . 5 Cara Mengatasi Perasaan Insecure agar Lebih Percaya Diri   |   20:00 . Munajat di Makam Syaikhona Kholil Bangkalan   |   19:00 . Ijazahan Manaqib Jawahirul Ma'ani   |   18:00 . Manaqib Taman Sholaya Ziarah dan Ijazahan Jawahirul Ma'ani   |   14:00 . Menteri ESDM: Penerimaan Negara dari Lapangan Gas JTB Rp23,1 Triliun   |   13:00 . Wapres Sampaikan 4 Strategi Tingkatkan Pemanfaatan Migas di Era Transisi Energi   |   12:00 . Tekan Tombol Sirine, Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Lapangan Gas JTB   |   11:00 . 4 Pemotor di Sumberrejo Tertabrak Bus Bojonegoro-Surabaya   |   10:00 . Tari Geleng Ro'om Sambut Wapres Ma'ruf Amin   |   08:00 . Sah..! Didik Farkhan Dilantik Jadi Kajati Banten   |   07:00 . 7 Cara Elegan Menyikapi Atasan Toxic, Jangan Buru-buru Resign!   |   06:00 . Inilah Lirik Ulama Bergerak dari Slank   |   05:00 . Slank Kado NU Lagu 'Ulama Bergerak'   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

JOB PPEJ Mengajar

Bupati Apresiasi Kegiatan JOB PPEJ Mengajar di SMK Migas

blokbojonegoro.com | Saturday, 16 December 2017 12:00

Bupati Apresiasi Kegiatan JOB PPEJ Mengajar di SMK Migas

Reporter: Muhammad Qomaruddin

blokBojonegoro.com - Operator lapangan Minyak dan Gas (Migas) Blok Tuban Joint Operating Body Pertamina PetroChina East Java (JOB PPEJ), menggelar kegiatan mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro sejak bulan Oktober 2017.

Hal itu sebagai bentuk kepedulian perusahaan terharap dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Bojonegoro, apalagi di Kota Ledre ada sekolah yang mempunyai Jurusan Teknik Pemboran Minyak dan Gas Bumi (TPMG), seperti SMKN 5 ini.

"Jadi kegiatan mengajar ini sangat relevan sekali dengan JOB PPEJ, yang notabene adalah perusahaan di bidang perminyakan. Sehingga kami menyempatkan waktu secara berkesinambungan berbagi ilmu dengan siswa-siswi," jelas Acting Field Manager JOB PPEJ, Fauzi A. Mayanullah.

Pada kegiatan mengajar yang keempat ini, kata Fauzi sapaan akrabnya, materi yang disampaikan berbeda dengan materi-materi sebelumnya, karena saat mengajar dirinya lebih menekankan pada sistem pembelajaran yang santai dan aktif.

Kali ini, jelas Fauzi, materi yang disampaikan yaitu menggunakan cuplikan vidio animasi tentang pemboran, mulai dari cara penentuan lokasi, kedalaman dan diameter lubang sumur, alat-alat di menara pemboran/rig, lumpur bor, logging, well testing dan jenis-jenis rig platform offshore.

"Setelah pemutaran vidio, selanjutnya akan dibahas item per item sambil tanya jawab," papar Acting Field Manager JOB PPEJ.

Terpisah, Bupati Bojonegoro, Suyoto, mengapresiasi darma bakti para praktisi ahli di bidangnya yang mau membagi ilmunya. Kalau semua mau menjalankan seperti JOB PPEJ ini, kata bupati, dirinya yakin hasil pendidikan akan lebih baik.

"Good, saya mengapresiasi darma bakti ini," kata Kang Yoto sapaan akrab Bupati Bojonegoro.

Kang Yoto juga yakin bawah kedepan SMK Migas sebutan SMKN 5 Bojonegoro, harus menjadi tempat melahirkan generasi-generasi yang terampil.

Beberapa waktu lalu, Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi juga mengatakan, dewan sangat mengapresiasi kepedulian pekerja JOB P-PEJ yang notabene sudah bekerja sebagai profesional, namun masih menaruh perhatian terhadap dunia pendidikan. "Apalagi JOB P-PEJ sangat erat kaitannya dengan SMKN Migas Bojonegoro, yang memiliki jurusan Teknik Pemboran Minyak dan Gas Bumi (TPMG)," jelas Sally.

Secara psikologis, kata Sally, kegiatan mengajar itu dapat memotivasi siswa, disamping itu dari segi metode pembelajaran pasti akan lebih mudah difahami, ketika yang menyampaikan itu adalah orang yang menggeluti atau memiliki kompetensi di bidangnya.

"Jadi kegiatan mengajar di SMKN Migas ini sangat tepat sekali, kami sangat mengapresiasi itu dan harus terus dilakukan agar pendidikan di Bojonegoro semakin maju," papar Sally kepada blokBojonegoro.com.

Sepengetahuannya, lanjut Ketua Komisi C, bahwa memang SMKN 5 Bojonegoro sudah mengawali dengan mengundang pengajar-pengajar dengan kompetensi tertentu untuk turut belajar bersama siswa, seperti JOB P-PEJ. Hal ini merupakan langkah yang patut diapresiasi.

"Di SMK Migas sepengetahuan kami memang ada kelas khusus yang mendatangkan profesional untuk berbagi pengalaman bersama siswa. Langkah ini perlu diduplikasi oleh SMK maupun SMA/MA yang ada di Bojonegoro," papar Sally Atyasasmi.

Sekadar informasi, sebelumnya pihak JOB PPEJ juga menerima beberapa siswa SMK Migas Bojonegoro untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sejak bulan April 2017, dan juga pada Senin (27/11/2017) lalu JOB PPEJ memberikan alat bantu pendidikan berupa miniatur rig, kepala sumur (well head) dan mata bor. [din/mu]

Tag : job ppej, job ppej mengajar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more