12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |   13:00 . Ini 5 Wisata Air Terjun di Bojonegoro untuk Liburan   |   09:00 . Lebih Dekat Melihat Masjid Agung Jawa Tengah   |   09:00 . Live Pelantikan Bersama PRNU dan LAZIZNU Ranting Se Wakil Cabang Kanor   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Catatan Dahlan Iskan (4)

Kreasi Baru di Ruang Tunggu

blokbojonegoro.com | Monday, 18 December 2017 08:00

Kreasi Baru di Ruang Tunggu

Oleh: Dahlan Iskan

blokBojonegoro.com - Sudah lama saya menanti kreasi seperti ini. Baru akhir tahun 2017 saya temukan: hotel di ruang tunggu bandara.

Desainnya cantik. Seperti kapsul. Tapi cukup longgar untuk tidur seorang diri.

Lokasi penempatan hotel kapsul itu menarik: di ruang tunggu. Dekat gate untuk boarding. Di jajar rapi.

Petugas resepsionnya di antara kapsul-kapsul itu. Praktis.

Sambil menunggu boarding bisa tidur dengan normal. Tidak perlu takut ketinggalan pesawat.

Lihat fotonya. Menarik bukan?



Penumpang transit pesawat jarak jauh pasti senang melihat kreasi baru ini. Apalagi penumpang kelas ekonomi. Apalagi sudah berumur. Keinginan tertingginya saat transit adalah ini: bisa meluruskan badan.

Padahal kursi di ruang tunggu tidak bisa untuk berselonjor. Setelah berjam-jam duduk di pesawat harus duduk lagi di ruang tunggu.

Memang beberapa bandara sudah mulai menyediakan kursi yang sandarannya lebih landai. Bahkan ada yang sudah agak flat. Tapi tetap tidak bisa dipakai meregangkan tubuh yang lelah. Juga tidak bisa membuat istirahat sempurna: kedinginan.

Ada juga yang menyediakan hotel airport. Tapi biasanya berlokasi jauh dari ruang tunggu. Prosedur check-innya juga makan waktu. Seperti di hotel biasa. Lalu harus buru-buru kembali ke ruang tunggu agar tidak ketinggalan pesawat.

Semua persoalan itu kini tidak ada lagi. Kreasi baru ini benar-benar solusi.

Baca juga [Indonesia Emas, Siapa Tahu?]

"Hotelnya" ada di ruang tunggu. Bisa tidur sambil menggeliat-menggeliat. Sesuai dengan tingkat kelelahan perjalanannya.

Tidak perlu takut kedinginan. Tidak perlu malu bajunya tersingkap. Tidak perlu merasa aneh karena mulutnya ngowos. Kapsul itu ada penutupnya.

Saya berdoa semoga kreasi ini segera diikuti bandara-bandara seluruh dunia.

Di manakah kreasi baru ini saya temukan? Di Xian. Pedalaman Tiongkok.

Tidak menyangka kreasi baru ini justru saya temukan di bandara kota Xian itu. Kota yang di zaman dinasti Tang dulu menjadi ibukota Tiongkok. Yakni ketika saya transit dari provinsi Qinghai ke propinsi Jiangxi.

Sayangnya kreasi ini datang ketika saya sudah tua. Ketika tidak berani lagi menyiksa tulang belakang saya dengan naik pesawat jarak jauh kelas ekonomi.

Kini seat semua kelas bisnis sudah seperti tempat tidur: bisa nyenyak sepanjang penerbangan.

"Kapsul Xian" ini kreasi yang sudah puluhan tahun saya tunggu. Alhamdulillah saya masih sempat melihatnya. Meski tidak sempat memanfaatkannya. (*)

Tag : catatan dahlan iskan, dahlan iskan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat