Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pileg 2019

Penentuan Dapil dan Kursi Ditetapkan KPU RI

blokbojonegoro.com | Monday, 18 December 2017 12:00

Penentuan Dapil dan Kursi Ditetapkan KPU RI

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Menjelang pelaksanaan pemilihan legislatif 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro sudah mulai melakukan persiapan. Meskipun penentuan daerah pemilihan (Dapil) dan jumlah kursi ditetapkan KPU RI.

"Penetapan KPU pusat, KPU Bojonegoro hanya menyusun dan mengusulkan melalui KPU Provinsi," kata Fatkhur Rohman selaku Divisi Penyelenggaraan, usai rapat koordinasi penyusunan penetapan dapil 2019 dan alokasi kursi pemilu anggota DPRD bojonegoro serta simulasi penghitungan alokasi kursi di Aston Hotel, Senin (18/12/2017).

Komisioner KPU Kabupaten Bojonegoro itu menjelaskan, kegiatan ini terkait penyusunan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten untuk pemilu 2019, membicarakan tentang penyusunan wewenang KPU kabupaten menyusun usulan dapil dan alokasi kursi. Setelah itu melakukan uji publik terkait usulan tersebut.

Dilanjutkan dengan nenyampaikan usulan tersebut ke KPU provinsi dan untuk penetapan dapil Bojonegoro yang menetapkan KPU pusat. Hal itu sesuai landasan penyusunan Dapil itu Undang-undang nomor 7 tahun 2017 salah satunya tentang prinsip penataan Dapil di antara kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu yang profesional, proporsionalitas, konterminus, kohensifitas, integritas kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

"Pentapan dapil oleh KPU RI 22 Maret sampai 6 April 2018," terangnya kepada blokbojonegoro.com usai rapat koordinasi.

Ditambahkan, alokasi kursi DPRD Kabupaten Bojonegoro sebanyak 50 kursi dengan ketentuan penduduk Bojonegoro 1 juta sampai 3 juta adalah 50 kursi. Sedangkan DAK2 (Data Agregat Kependudukan Kecamatan) II Kabupaten Bojonegoro itu 1.313.722 per Desember 2017.

"Setiap Dapil minimal 3 kursi dan maksimal 12 kursi perdapilnya. Sesuai jumlah pendudukan dalam Dapil tersebut," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : pileg, kpu, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini