Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perahu Jasa Penyeberangan Bengawan Belum Sesuai Standar

blokbojonegoro.com | Thursday, 28 December 2017 08:00

Perahu Jasa Penyeberangan Bengawan Belum Sesuai Standar

Reporter: M Safuan
 

blokBojonegoro.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro, selain memberikan alat keselamatan bagi jasa pengguna penyeberangan bengawan, juga melakukan pemantauan rutin kondisi perahu. Hal itu sebagai langkah antisipatif terjadinya kecelakaan. 

"Memang selama ini pihak Dishub belum ada sertifikasi khusus untuk perahu yang digunakan sebagai transportasi jasa penyeberangan bengawan," ungkap Iskandar, Kepala Dishub Bojonegoro.

Padahal perahu yang digunakan sebagai jasa penyebrangan saat sekali muat, biasanya sekali penyebrangan mengangkut 10 hingga 20 orang. Dari hasil dilapangan hampir seluruh perahu yang digunakan sebagai jasa penyeberangan, menggunakan bahan dasar plat sehingga tingkat keseimbangannya lebih tinggi dibanding perahu berbahan dasar kayu.

Saat disinggung terkait standardisasi perahu, pihak Dishub belum bisa memberikan jawaban secara gamblang. Pasalnya, pembuatan yang sesuai standar dan bermesin biayanya cukup banyak bahkan hampir mencapai Rp60 jutaan.

"Dulu Dishub pernah membuat perahu untuk percontohan dan menggandeng salah satu universitas, namun berhenti, karena tidak adanya anggaran untuk itu," ucap Iskandar.

Jasa transportasi perahu penyebrangan bagi masyarakat Bojonegoro masih menjadi favorit bagi masyarakat seberang bengawan. Sehingga untuk menjaga keselamatan penumpang juga menjadi prioritas dari Dishub.[saf/lis]

 

Tag : perahu, tambang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini