Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disbudpar Akan Kembangkan Home Stay di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 08 January 2018 21:00

Reporter : Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Melihat kondisi wisata di Kabupaten Bojonegoro yang semakin menggeliat, pada tahun 2018 ini Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro berencana mengembangkan home stay di beberapa wisata di Kota Ledre. 
 
Kasi ESD Disbudpar Bojonegoro, Diah Enggar Rinimukti menjelaskan, pengembangan home stay akan dilakukan di dua wisata, yaitu Bukit Tono (Buton) yang berada di Kecamatan Sekar dan Wisata Krondonan di Kecamatan Gondang. Dua wisata yang berada di Bojonegoro selatan itu, sengaja dipilih lantaran mempunyai wisata alam yang indah.
 
"Kedua-duanya terletak di perbukitan dan mempunyai beberapa kelebihan dibanding dengan wisata lainnya," ungkap perempuan yang akrab disapa Enggar ini.
 
Sebenarnya, satu wisata Bojonegoro yaitu Wisata Kebun Blimbing yang terletak di  Desa Ringinrejo Kecamatan Kalitidu, sudah mempunyai 2 home stay. Dan kedua-duanya pada akhir tahun 2017 kemarin, menjadi idola dan banyak yang ingin menyewanya.
 
Sehingga, dari Disbudpar berencana untuk mengembangkanya dan melatih masyarakat untuk mengelola home stay tersebut. Namun dengan catatan, pemilik rumah bersedia menjadikan rumahnya sebagai home stay dan harus ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.
 
"Home Stay tentunya ada plusnya, yaitu turut mengembangkan wisata setempat dan menambah pengahsilan pemilik rumah tentunya," lanjut Enggar kepada blokBojonegoro.com.
 
Enggar juga menjelaskan, melihat kondisi wisata yang ada, yaitu beralihnya wisata moderen menjadi wisata alam, Home stay dirasa menjadi suatu pelengkap bagi para wisatawan untuk merasakan pemandangan alam maupun bercengkrama dengan masyarakat sekitar. 
 
"Kalau Buton dan Krondonan kan jauh dari perkotaan, pastinya tidak ada penginapan di sana. Sedangkan, kalau wisata yang berada di dekat Kota, seperti Mojodeso, Wisata Salak dan wisata di Kalitidu sudah ada penginapan yang lebih dekat, yaitu hotel," pungkasnya.[din/lis]

Tag : Disbudpar, wisata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini