18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |   13:00 . Ini 5 Wisata Air Terjun di Bojonegoro untuk Liburan   |   09:00 . Lebih Dekat Melihat Masjid Agung Jawa Tengah   |   09:00 . Live Pelantikan Bersama PRNU dan LAZIZNU Ranting Se Wakil Cabang Kanor   |   08:00 . Bedug Raksasa Replika Pendowo Purworejo   |   07:00 . Alquran Raksasa di Masjid Agung Jawa Tengah   |   06:00 . Indahnya Masjid Agung Jawa Tengah   |   20:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Didukung DRTPM Turut Memulihkan Literasi dan Numerasi Anak di Desa Perbatasan   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PWI Ingatkan Wartawan Jaga Independensi di Pilkada, Pilpres, Pileg

blokbojonegoro.com | Sunday, 21 January 2018 20:00

PWI Ingatkan Wartawan Jaga Independensi di Pilkada, Pilpres, Pileg

Reporter: -

blokBojonegoro.com -
Euforia perhelatan pesta demokrasi Indonesia dalam menghadapi pilkada serentak makin terasa. Sejumlah pihak bahkan ikut terlibat dalam kontestasi politik untuk menjadi pemenang dalam pilkada serentak 2018. Tak terkecuali dengan para wartawan.

Terhitung, ada beberapa pihak yang mengesampingkan integritas dan profesionalisme mereka untuk terjun langsung dalam dunia politik. Menyikapi persoalan demikian, Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia Iham Bintang menegaskan dalam aturan yang termuat dalam Peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI.

Dalam aturan itu, terdapat pasal yang memberikan larangan bagi para anggotanya untuk masuk dalam dunia politik. Ia mengingatkan jika ada yang melanggar aturan tersebut maka harus diberhentikan atau dinonaktifkan. Misalnya, wartawan yang menjadi timses salah satu calon

"Tim sukses berjuang untuk satu golongan, sedangkan prinsip pers atau media melayani semua golongan untuk mencapai tujuan utamanya, demi mewujudkan kebenaran, dan kepentingan publik, serta kelangsungan demokrasi," kata Ilham dalam keterangan yang diterima kumparan (kumparan.com), Jakarta, Minggu (21/1).

Ia pun memastikan bahwa organisasinya sudah melakukan pendalaman untuk mencari tahu siapa saja yang terlibat dalam keanggotaan PWI tapi ikut menjadi bagian dalam persaingan pilkada.

"DK-PWI sebentar lagi mengumumkan data-data  itu. Saat ini sedang diverifikasi oleh tim," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengingatkan pada seluruh media di Tanah Air untuk memberikan sanksi teguran yang keras hingga pencabutan izin, jika menemukan ada wartawannya yang melanggar aturan itu.

"Media pers mengenai sanksi teguran keras kepada media-media partisan, bahkan ancaman pencabutan izin dari otoritas penyiaran. Jangan sampai masyarakat  kehilangan kepercayaan pada media. Media yang kehilangan kepercayaan publik, memang bisa dianggap selesai sudah hidupnya," tandas Ilham.

Sebelumnya, menjelang Pilkada 2018, sejumlah jurnalis menjadi pasangan calon Pilkada. Salah satunya, Ketua Umum PWI Margiono yang menjadi calon Bupati Tulung Agung. Sebagaimana sebelumnya, sejumlah jurnalis juga terlibat dalam tim sukses pemenangan pilkada.

Sumber: https://kumparan.com/

Tag : pers, pwi, wartawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat