Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Kualitas, UTD PMI Bojonegoro Terapkan ISO

blokbojonegoro.com | Wednesday, 31 January 2018 22:00

Tingkatkan Kualitas, UTD PMI Bojonegoro Terapkan ISO

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kabupaten Bojonegoro tidak hanya menyiapkan stok darah saja, tetapi menjamin kualitas yang didistribusikannya. Untuk meningkatkan kualitas, UTD PMI di Kota Ledre menerapkan sistem ISO.

Sertifikasi ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. "Tujuan utama dari ISO yang dalam proses pendampingan di UTD PMI adalah kecukupan darah (kuantitas) dan darah yang bermutu (kualitas) di Bojonegoro," kata kepala UTD PMI Kabupaten Bojonegoro, dr. H. Ahmad Hernowo W, M. Kes, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti memenuhi persyaratan kualitas pelanggan, sesuai dengan peraturan dan tujuan lingkungan.

Serta persyaratan-persyaratan standar dari Sertifikasi ISO 9001:2015 ini akan membantu manajemen organisasi, dalam menetapkan dan mengembangkan sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas secara sistematik untuk memenuhi kepuasan pelanggan (customers satisfaction). Termasuk peningkatan proses terus menerus (continual processes improvement).

"Prinsip sertifikat ISO termasuk fokus pelanggan, kepemimpianan, keterlibatan orang lain, pendekatan proses bisnis, pendekatan sistem terhadap manajemen organisasi, peningkatan terus-menerus (continiu processes improvement), pendekatan faktual dalam pembuatan keputusan dan hubungan pemasok yang saling menguntungkan," terangnya.

Ditambahkan, sedangkan sistem manajemen organisasi  yang memenuhi standard sertifikasi ISO 9001:2015, termasuk sistem, manajemen kualitas,tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk serta pengukuran, analisa dan peningkatan.

"Inilah yang berupaya dipenuhi UTD PMI Kabupaten Bojonegoro untuk masyarakat dan termasuk auditnya juga," imbuh pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro itu.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, Herry Sudjarwo sangat mendukung dan mengapresiasi langkah yang tengah dilakukan UTD PMI. Sehingga dengan adanya ISO tersebut masyarakat dapat lebih nyaman dan percaya kepada PMI.

"Semoga bisa segera terealisasi dan dapat memberikan pelayanan yang baik kualitas maupun kuantitas darah di Bojonegoro," harapnya. [zid/lis]

Tag : pmi, utd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini