11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bermain "Game" Mampu Hilangkan Stres. Benarkah?

blokbojonegoro.com | Monday, 12 February 2018 07:00

Bermain "Game" Mampu Hilangkan Stres. Benarkah?

Reporter: -

blokBojonegoro.com -  Riset tentang pecinta game masa kini mengungkapkan bahwa bermain video game telah menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres.

Riset dilakukan dengan mewawancarai 1.000 gamer tentang pandangan mereka terhadap game. Hasilnya, periset menemukan bahwa 55 persen perserta riset bermain video game karena membantu mereka untuk menghilangkan stres.

Sementara itu, sebesar 47 persen mengaku saat mereka menang dalam permainan, itu memiliki dampak positif pada kehidupan mereka di dunia nyata. Ini memungkinkan mereka untuk melihat aspek lain dari kehidupan mereka secara lebih positif.

Dan, setengah peserta riset mengatakan bahwa mereka melihat nilai dalam game sebagai metode pelarian untuk membantu mereka mengatasi tekanan kerja sehari-hari.

"Survei ini sangat terbuka dalam menunjukkan manfaat mental positif untuk berkumpul dalam sesi game," ujar Luke Hales, general manager saluran TV Dave yang memiliki acara kompetisi game.

Riset yang dilakukan oleh saluran televisi Dave ini menyurvei 1000 pecinta game dengan usia 18 hingga 30 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa game juga menjadi cara berhubungan sosial, dengan tiga dari lima orang yang disurvei bermain secara khusus untuk bergabung dengan teman atau 'klan' yang mapan untuk dimainkan.

Hal tersebut memicu para gamer untuk memiliki lebih banyak teman, di mana rata- rata gamer mendapat tiga teman melalui game, baik melalui bermain bersama atau secara online.

Enam puluh persen dari mereka yang disurvei menganggap game merupakan komponen kunci dalam kehidupan sosial mereka.

Dan, hampir seperempatnya percaya bahwa mereka telah memiliki lebih banyak teman melalui ketertarikan mereka terhadap game daripada melalui area kehidupan mereka yang lain. Inilah mengapa game telah menjadi outlet sosial inti mereka.

Riset ini juga menemukan bahwa game memiliki manfaat lain seperti perbaikan mood, sensitivitas refleks dan keterampilan sosial.

Sepertiga gamer bermain untuk merasakan prestasi atau pencapaian yang didapatkan dari game. Dan, 42 persen mengatakan bahwa mereka merasa paling bahagia saat bermain video game dengan baik.

Mereka bahkan merasa mendapat kepuasan lebih besar saat menang bermain game daripada prestasi yang sebanding dalam kehidupan nyata.

Sementara itu, 27 persen lainnya percaya bahwa bermain video game telah membantu mereka memproses atau menangani masalah kesehatan mental atau kekhawatiran.

Selain itu, 37 persen peserta riset setuju bahwa bermain game online dengan orang lain telah membantu meningkatkan tingkat kepercayaan diri mereka.

Sepertiga peserta berpendapat bahwa bermain game telah membantu mengasah kemampuan pemecahan masalah, dan 28 persen percaya bahwa hobi mereka telah memberi dampak positif pada refleks dan sistem koordinasi mereka.

Agar merasa lebih menjiwai dan memiliki peforma yang bagus saat bermain, satu dari empat gamer membuat avatar tokoh game yang dimainkan semirip mungkin dengan diri mereka sendiri.

Dua puluh persen pecinta game juga berpendapat bahwa game Action & Adventure adalah genre permainan termudah untuk dimainkan. Game termudah berikutnya jatuh pada game Puzzle dan Role-Playing game.

Game dalam kategori Action & Adventure juga dianggap terbaik untuk membantu menghilangkan stres. Game berikutnya jatuh pada permainan menembak dan puzzle.

"Bagi mereka yang mencari dukungan, game sebagai hobi dapat menawarkan dorongan rasa percaya diri akan pencapaian yang mungkin kurang dalam aspek lain kehidupan mereka," ucap Hales.

Hales juga mengatakan bahwa game busa menjadi alternatif untuk berinteraksi dengan orang yang memiliki minat sama, bersosialisasi dan berteman. Sayangnya, media massa telah banyak memberitakan sisis negatif dari game ini.

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/11/141109320/

bermain-game-mampu-hilangkan-stres-benarkah

Tag : Game, stress, manfaat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat