15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berdebat Tak Selamanya Merusak Ikatan Asmara, Ikutilah 2 Tips Ini

blokbojonegoro.com | Thursday, 15 February 2018 07:00

Berdebat Tak Selamanya Merusak Ikatan Asmara, Ikutilah 2 Tips Ini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Perdebatan yang terjadi pada pasangan tidak selamanya menghancurkan. Sebaliknya, perdebatan tersebut malah menjadi aspek penting dalam sebuah hubungan.

Tapi, jika kita  ingin perdebatan menjadi hal yang bermanfaat dan menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan, para psikolog telah memaparkan dua aturan sederhana yang harus diikuti.

1. Jangan tunggu terlalu lama untuk menyelesaikannya


Psikolog Robert Levenson dan John Gottman telah menghabiskan 14 tahun untuk mempelajari hampir 100 pasangan suami-istri.

Selama bertahun-tahun mereka mengamati pasangan tersebut, rata-rata satu dari lima pasangan mengalami perceraian.

Fenomena inilah yang kemudian menarik para peneliti untuk mengamati apa yang salah dalam hubungan mereka.

Para periset menemukan beberapa perbedaan besar antara pasangan yang masih bersama dan yang telah berpisah.

Perbedaan besar itu terletak pada cara mereka mengatasi perdebatan. Gottman mengibaratkan hubungan antar-pasangan bagai sebuah kapal.

Ketidaksepakatan, kata Gottman, dapat digunakan dengan cara yang positif, sebagai alat untuk "menstabilkan kapal yang goyah", atau digunakan secara negatif yang berpotensi menyebabkan kapal terbalik.

"Cara terbaik untuk menjamin perdebatan akan mengarah pada hal positif adalah segera menyelesaikannya," ucap Gottman.

Menunggu terlalu lama dapat menyebabkan timbulnya perasaan ketidakpuasan, kemarahan, dan kebingungan yang besar.

Pasangan tidak hanya melupakan apa sebenarnya yang menjadi argumen awal.

Mereka mungkin juga memiliki tanggapan yang tidak proporsional terhadap situasi awal yang tidak lagi sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Dalam hal ini, pada saat pasangan berbicara tentang topik kontroversial apa pun, tidak ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini.

Sebuah penelitian digelar terhadap 145 pasangan, dan hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Counseling Psychology.

Terungkap, pasangan yang menerima pelatihan tentang bagaimana menangani konflik dengan segera, merasa lebih puas dengan hubungan mereka selama setahun perjalanan.

Sementara itu, pasangan yang tidak menerima pelatihan cenderung melihat interaksi mereka memburuk sepanjang tahun.

Alih-alih menunggu pertengkaran semakin memburuk, berbicaralah dengan pasangan kalian sebisa mungkin.

Gottman menekankan, kita juga harus menyadari bahwa kalian berdua bertanggung jawab atas masalah ini dan kedua pihak bertanggung jawab untuk menebus kesalahannya.

2. Selesaikan dengan pikiran terbuka


Pasangan yang bercerai selama riset memiliki kebiasaan lain. Gottman dan Levenson menemukan, mereka selalu terlibat dalam perdebatan dengan argumen yang saling memotong.

"Biasanya, komentar yang dibuat orang untuk menghentikan percakapan itu tidak membantu dan tidak sensitif," kata Gottman.

"Jika kalian memberi tahu seseorang bahwa mereka tidak logis atau mengatakan sesuatu seperti 'kamu berada di luar konteks', itu tidak akan berhasil. Itu membuat orang marah," tambahnya.

Di sisi lain, pasangan yang tinggal bersama cenderung menghadapi perdebatan dengan pikiran yang lebih terbuka.

Mereka biasanya bersedia bertanggung jawab atas tindakan mereka dan mendengarkan apa yang pasangan mereka katakan.

"Pasangan yang melakukan ini mungkin menggunakan bahasa seperti, 'saya dapat melihat bahwa ini sangat penting bagimu, katakan lagi padaku'," kata Gottman.

Sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family melihat pola perdebatan dari hampir 400 pasangan suami-istri.

Hasilnya menunjukkan, ketika kedua pasangan terlibat "positif" dalam sebuah argumen - yang berarti mereka mendiskusikan topik dengan tenang dan berusaha untuk mendengarkan - kemungkinan mereka untuk bercerai menurun.

Angka tersebut jauh lebih rendah daripada pasangan yang menanggapinya dengan cara negatif.

Hasil riset tersebut tetap stabil sepanjang 16 tahun ke depan.

Jadi saat perdebatan semakin memanas, maka lakukanlah salah satu dari cara di atas.

Ini bisa mengembalikan ketenangan pada hubungan, atau bahkan membantu agar hubungan bertahan lama.

*Sumber: kompas.com.

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat