18:00 . Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Argentina Takluk 0-2 dari Nigeria   |   16:00 . Keberangkatan CJH, DLH Terjunkan 30 Personil Petugas Kebersihan   |   08:00 . Tetap Menjaga Kebersihan di Sela Keramaian   |   06:00 . Suka Cita Penantian Pergi Haji: Berangkat Bareng Suami, Ada Juga Yang Bawa Ikan Asin   |   05:00 . Bupati Anna Mu'awanah Lepas CJH Bojonegoro Kloter Awal   |   23:00 . Pengantar CJH Bojonegoro Tunggu Area Pendopo Dibuka   |   22:00 . Ribuan CJH dan Pengiring Padati Alun-alun Bojonegoro Sejak Pukul 9 Malam   |   21:00 . 13 Truk Koper CJH Bojonegoro Diberangkatkan ke Asrama Haji   |   20:00 . Ini Skema Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Bojonegoro   |   19:00 . CJH Bojonegoro Siap Berangkat, Dishub Siapkan Parkir hingga Tutup Jalan   |   18:00 . CJH Jangan Bandel Ini Barang Yang Tidak Boleh Dibawa, Termasuk Jimat   |   17:00 . Gapoktan Sumber Rejeki Sukses Panen Kacang Lewat Metode Biosaka   |   16:00 . 5 Bulan, 18 Kejadian Tenggelam di Bojonegoro, 1 Korban Belum Ketemu   |   15:00 . Pedagang Pasar Banjarejo Rasakan Kemudahan Transaksi Lewat Pasar.id   |   14:00 . Tahun Ini, Pemkab Akan Bangun Jalan Cor, Panjangnya Setara Bojonegoro-Semarang   |  
Fri, 02 June 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pokja Mojoranu Kunjungi Bank Sampah Kalianyar

blokbojonegoro.com | Sunday, 18 February 2018 17:00

Pokja Mojoranu Kunjungi Bank Sampah Kalianyar

Pengirim: Ika Fari 

blokBojonegoro.com - Bank Sampah Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro menerima kunjungan dari Pokja Desa Sehat Desa Mojoranu, Kecamatan Dander pada hari Minggu (18/2/2018). 

Rombongan ini terdiri dari 7 anggota Pokja Desa Sehat dan 8 warga Mojoranu, yang disambut ramah oleh pengelola Bank Sampah Desa Kalianyar, Eryul Mufidah beserta tim, Ketua PKK, dan perwakilan Pemerintah Desa Kalianyar.

Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka studi banding untuk mendapatkan tambahan ilmu tentang pengelolaan sampah dari lembaga yang ada di RT 08, RW 02 , Desa Kalianyar.

Dalam sambutannya, Eryul mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Desa Mojoranu ke Bank Sampah yang ia kelola. Menurutnya, yang perlu dilakukan untuk pengelolaan Bank Sampah adalah sosialisasi dan memberi contoh ke masyarakat. 

"Yang penting adalah action, karena masyarakat butuh contoh bagaimana mengelola sampah,” ujarnya.

Selanjutnya, Dosen STAI At-Tanwir ini juga menjelaskan bagaimana Bank Sampah ini berdiri pada Januari 2017 lalu yang juga didanai Pemerintah Desa Kalianyar. Selain bekerja sama dengan warga, juga bekerja sama dengan pengepul. Ia juga mempekerjakan 4 orang untuk proses pemilahan sampah dan produksi kerajinan. 

Sekarang nasabah Bank Sampah yang Ia kelola sejumlah 200 orang dan telah memproduksi tas, topi, tempat tisu, tikar dan aneka produk lain dari bungkus yang tak terpakai. "Produk handmade di sini telah sering mengikuti pameran UKM di berbagai tempat di Bojonegoro," imbuhnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab atau diskusi dengan peserta studi banding. Sebagian besar peserta ingin tahu bagaimana mendirikan Bank Sampah di desa agar bisa mengurangi sampah dan memberi pemasukan bagi warganya.

Setelah acara diskusi selesai, para peserta tertarik untuk membeli produk hasil kerajinan dari Bank Sampah Desa Kalianyar untuk dijadikan oleh-oleh dari studi banding ini. [lis]

Pengirim adalah Sekretaris Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas

Tag : Kalianyar, kapas, mojoranu



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 11 April 2023 18:00

    Lokakarya Video Pendek

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL

    Reporter BMG Menjuarai Lomba Video Pendek EMCL Reporter blokBojonegoro.com (bB) dan blokTuban.com (bT) yang tergabung dalam Blok Media Group (BMG) berhasil memborong juara pada Lomba Video Pendek yang diselenggarakan operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat