16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lebih Sehat dengan Cukup Minum Air

blokbojonegoro.com | Monday, 19 February 2018 07:00

Lebih Sehat dengan Cukup Minum Air

Reporter: -

blokBojonegoro.com -
Menjaga kesehatan tubuh dan juga mental, tak terlepas dari tercukupinya kebutuhan cairan. Berapa banyak air minum yang harus kita konsumsi setiap hari memang berbeda-beda, tergantung pada usia, kondisi tubuh, dan juga tingkat aktivitas fisik.

Profesor Stavros Kavouras dari Universitas Arkansas yang mempelajari hidrasi mengungkapkan, air sangat penting bagi tubuh, tetapi sayangnya nutrisi tersebut sering terlupakan dalam sains.

“Kita tidak memiliki alat presisi untuk mengukur seberapa banyak kita minum, jadi literatur seputar hidrasi kira-kira sama canggihnya dengan riset merokok di tahun 70an,” kata Kavouras.

Namun, ada beberapa fakta yang perlu diketahui soal air, misalnya sekitar 50- 60 persen komponen tubuh kita adalah air. Selain itu, air berfungsi melumasi persendian, dan menjaga tubuh tetap berjalan dengan mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, dan menghilangkan cairan kotor melalui keringat.

Agar kita semakin rajin minum air, ketahui apa saja manfaat cukup cairan yang mungkin belum diketahui:

1. Menurunkan berat badan

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa dengan kegemukan yang meminum 473 ml air setiap sebelum makan kehilangan sekitar 4 kg selama 12 minggu.  Hal itu lantaran tambahan air membuat kita merasa kenyang dan akan mengurangi porsi makan.

2. Tak mudah tersinggung

Kalau kita mengalami dehidrasi—bahkan sebanyak satu persen—sudah cukup berpengaruh pada mood, misalnya saja sakit kepala, kelelahan, mood yang buruk, dan fokus kabur, menurut sebuah studi tentang wanita muda yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

3. Melindungi ginjal

Ginjal merupakan organ pertama yang paling merasakan dampak ketika tubuh kekurangan cairan. Penelitian—termasuk studi 2011 dari University of Australia—menemukan bahwa mereka yang minum lebih banyak air cenderung tidak memiliki penyakit ginjal kronis.

Lantas, berapa air putih yang harus diasup tubuh? Kavouras mengatakan setiap orang, setiap hari membutuhkan kecukupan cairan yang bervariasi.

“Jika kita berkeringat dan AC rusak, kemudian olahraga, maka kita membutuhkan lebih banyak air dibanding dengan kondisi sebaliknya,” ungkap Kavouas.

Usia, berat, dan iklim juga berperan soal asupan air putih dalam tubuh.

Kendati demikian, The Institute of Medicine memperkirakan bahwa pria dan wanita membutuhkan sekitar 3,7 dan 2,7 liter air setiap hari, yang mencakup semua air yang didapatkan dari makanan dan minuman lainnya. Kebanyakan orang mendapatkan sekitar 20-25% asupan air mereka melalui makanan.

Masih bingung? Lihat warna urin. Jika warnanya keruh, sudah pasti tubuh kita kekurangan air.

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/18/180000020/
lebih-sehat-dengan-cukup-minum-air

Tag : minum, air, putih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat