14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir di Demak   |   16:00 . Viral! Diduga Selingkuh, Pasangan Bukan Suami Istri di Bojonegoro Diarak Warga   |   13:00 . Ingin Tetap Bugar Selama Puasa? Ini Tipsnya   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tips Merawat Perhiasan Agar Tak Mudah Pudar

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 February 2018 07:00

Tips Merawat Perhiasan Agar Tak Mudah Pudar

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Jangan pikir perhiasan emas tak akan memudar. Kalau Kamu tak pandai merawat, dan memakainya dengan cara yang 'jorok', jangan harap perhiasan akan terlihat mengilau.
 
Bahkan, perhiasan berisiko tergores. Kalau sudah begitu, enggak ada jalan keluar selain disepuh ulang. Pasti enggak mau, kan?
 
Nah, berikut tips merawat perhiasan emas di rumah.
 
1. Tidak terpapar bahan kimiawi terlalu sering
 
Jika Kamu tipe orang yang malas melepas cincin emas, entah saat mandi atau berolahraga, jangan harap cincin tetap terlihat mewah.
 
Sebab, menurut Direktur Kreatif produsen perhiasaan UBS Erwin Suganda, emas sebaiknya tidak terlalu sering terpapar bahan kimiawi seperti sampo, sabun mandi, hingga keringat.
 
"Sama seperti barang metal lain, kalau terkena cairan kimia, ada proses kimiawi seperti oksidasi dan akan memudarkan," kata Erwin saat acara UBS di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (20/2/2018).
 
Karena itu, usahakan sebisa mungkin untuk tidak terkena sabun, cairan pembersih, atau pun keringat. Saat olahraga dan mandi, perhiasan disarankan untuk dilepas.
 
Ilustrasi perhiasan
Ilustrasi perhiasan(Faferek)
2. Direndam dengan air hangat
 
Jangan bingung. Sekali pun tak boleh terpapar sabun terlalu sering, Kamu masih bisa membersihkan dengan merendam di air hangat. Saat direndam tak boleh terlalu lama dan secukupnya.
 
"Kalau sering dicuci bisa lebih bagus, misal malam pulang rendam air hangat. Kalau tak sempat, seminggu dua kali bisa," katanya.
 
Bagaimana kalau kotoran menempel dan sulit hilang? Erwin menyarankan untuk sesekali mencuci dengan sabun cuci piring.
 
Pastikan direndam dan digosok perlahan. Setelah itu dilap dengan kain halus, seperti lap khusus kacamata agar tidak tergores.
 
3. Jangan menumpuk perhiasan
 
Setelah dibersihkan, jangan lupa menaruh perhiasan di tempat masing-masing. Erwin tak menyarankan menyimpan dengan cara ditumpuk dengan perhiasan lain.
 
Sebab, kalau ditumpuk perhiasan berisiko tergesek-gesek dan berujung baret (tergores).
"Kalau baret untuk menghilangkannya nanti harus disepuh lagi," ujar Erwin. [lis/col]

Sumber: kompas.com
 
 

Tag : tips, perhiasan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat