18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |   16:00 . Tanggul Ambles, Warga Sekitar Ketar - Ketir   |   15:00 . Tanggul di Kanor Ambles, Tanah Masih Gerak   |   14:00 . Komitmen Upaya Kurangi Emisi, Program Penanaman Pohon oleh PEPC Mencapai 25.000   |   13:00 . Tanggul Sungai Bengawan Solo di Kanor Ambles   |   12:00 . Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi   |  
Tue, 07 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Siaga Banjir

Bengawan Terus Meluap, Warga Mulai Mengungsi

blokbojonegoro.com | Friday, 23 February 2018 18:30

Bengawan Terus Meluap, Warga Mulai Mengungsi

Reporter: Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Tinggi Muka Air (TMA) sungai bengawan solo di Kabupaten Bojonegoro terpantau terus naik. Sehingga masyarakat Kota Ledre yang terdampak banjir mulai mengungsi di Gedung Serbaguna Bojonegoro (GSB).
 
Kebanyakan masyarakat yang mengungsi di gedung yang terletak di Jalan Kh. Mansyur tersebut adalah warga Ledok Wetan. Pasalnya diantara beberapa kelurahan di Kecamatan Kota, kelurahan Ledok Wetan termasuk yang terdampak paling parah.
 
"Kalau ledok kulon kelihatanya belum ada yang mengungsi, lantaran banjir baru berada di halaman rumah mereka," ungkap Camat Bojonegoro, M. Farid Naqib.
 
Mantan Camat Padangan tersebut juga menjelaskan, untuk jumlah pengungsi di Gedung serbaguna sudah mencapai 240 orang. Diperkirakan pada malam hari ini akan terus bertambah, lantaran bengawan solo mengalami tren naik cukup cepat.
 
"Tadi saya sudah mengunjungi rumah masyarakat Ledok Kulon maupun Ledok Wetan, untuk mengimbau agar cepat mengungsi kalau muka air bengawan terus meningkat," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.
 
Sedangkan, lanjut Farid, untuk kelurahan yang ada di Kota yang terendam banjir ada 8 kelurahan, meliputi Kelurahan Campurejo, Ledok Wetan, Ledok Kulon, Jetak, Semanding, Banjarejo, Klangon dan Kauman. "Namun, kebanyakan dari mereka lebih memilih berada di rumah maupun membuat tenda di tanggul bengawan," jelasnya.
 
Disisi lain, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bojonegoro, Helmi Elisabet menuturkan, bahwa Dinas Sosial sudah mendeklarasikan siap untuk menolong korban banjir. Bahkan juga bekerjasama dengan relawan-relawan lainnya, dengan membuka dapur komunitas di lima titik Kota Ledre.
 
"Sebenarnya Dinas Sosial hanya membuka dapur di Gedung Serba Guna saja, tetapi untuk kelima dapur komunitas tersebut mendapat suplay bahan makanan dari kami," kata perempuan yang akrab disapa bu Helmi itu.
 
Untuk Dinsos sendiri, sudah mendapatkan beberapa bantuan dari intansi-intansi terkait, dengan memberikan sembako berupa beras, minyak, telur, nasi bungkus dan lain-lainnya. Bahkan untuk bantuan makanan yang terdata berupa sarden 100 kaleng, beras 5 kuwintal (KW), 200 dus mi instan, 30 dus air mineral dan telur 50 kg.
 
"Kelihatanya bantuan akan terus datang, kalau melihat debit air yang terus mengalami peningkatan," tutupnya. [din/mu]

Tag : bengawan, solo, banjir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more