21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inspirasi Pagi

Meski Sudah Tak Muda, Darmini Tetap Berusaha

blokbojonegoro.com | Sunday, 11 March 2018 08:00

Meski Sudah Tak Muda, Darmini Tetap Berusaha

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Darmini, wanita yang sudah tak muda lagi, hal itu nampak pada raut wajahnya yang sudah banyaknya kerutan. Ia adalah salah satu pedagang keliling di Kota Bojonegoro. Ia sudah berdagang sekitar 20 tahun, namun sebelumnya ia memiliki warung di rumah. Namun karena usaha warung tidak begitu lancar ia memilih untuk berjualan keliling, yang telah ia tekuni sekitar 10 tahun.

Ia memilih berkeliling karena usianya yang sudah tidak lagi muda, ia beranggapan dengan ia berjalan kaki berkeliling, akan menjadikan dirinya tetap sehat karena sebagai salah satu bentuk olahraga yang dapat menyegarkan dirinya.

Hampir setiap hari, ia habiskan waktunya untuk berjualan keliling menyisiri jalan-jalan kawasan Kota Bojonegoro. Dinginnya hawa pagi sudah menjadi sahabat bagi dirinya. Lantaran, sejak pagi pukul 04.00 WIB ia  berangkat dari rumahnya yang terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Bojonegoro.

"Biasanya kalau berangkat diantar anak saya, terus nanti pulangnya naik ojek kalau nggak gitu ya naik becak," ujar wanita yang usianya sekarang ini 56 tahun.

Setiap pagi dia habiskan waktunya di sekitar Pasar Banjarjo, Kecamatan Bojonegoro. Dengan membawa dua keranjang yang berisikan nasi, serabi, ketan, dan juga getuk ia pun mulai berkeliling menyusuri kawasan sekitar Pasar Banjarjo. Namun dagangan yang ia jual tersebut bukan dia sendiri yang buat.

"Dagangannya dapatnya dari kulakan nasinya. Saya ambil dari warung yang ada di dekat pasar, begitu juga dengan serabi, ketan, dan getuknya saya dapat dari kulakan juga," imbuh ibu dari 3 anak itu.

Setelah matahari mulai meninggi, ia pun tidak langsung pulang. Namun ia akan kembali berdagang lagi dengan menu yang berbeda. Dia siang hari ia berdagang jajan seperti gorengan, gabin, roti, lemper, krupuk, dan lain sebagainya.

Seperti halnya menu yang ia jual di pagi hari, menu dagangan di siang hari juga ia dapatkan dari kulakan bukan buatan sendiri. Dengan demikian untung yang ia dapatkan juga tidak terlalu banyak. Meski begitu ia pun masih selalu eksis untuk berjualan keliling.

Jika di pagi hari ia berkeliling di kawasan Pasar Banjarjo, di siang hari ia akan berkeliling jualan di Alun-alun Kota Bojonegoro. Meski teriknya matahari menyengat kulitnya, ataupun udara dingin karena hujan, hal itu tidak menjadi penghalang bagi dirinya. Dia pun tidak pernah lupa mampir ke Masjid Agung Darusalam untuk menunaikan kewajibannya sebagai muslimah, sekaligus beristirahat sebentar, dan berjualan di situ sebentar.

Kemudian, jika dagangnya tidak habis di Alun-alun Kota Bojonegoro ia akan berkeliling lagi sekitar pukul 15.00WIB menuju ke selatan sampai pertigaan, belok kiri menuju SMA Negeri 1 Bojonegoro, lalu ke timur. Dan di kawasan itulah dagangnya akan habis.

"Kadang habis, kadang juga tidak. Namanya juga dagang. Biasanya kalau yang masih itu seperti krupuk ini, tahu ini juga biasanya masih," Imbuh nenek yang telah memiliki satu buyut ini.

Meski keuntungan yang ia dapat tidak seberapa, namun ia merasa bangga karena ia masih bisa mendapatkan rezeki dari kerja kerasnya, tanpa harus meminta-minta kepada orang lain.

Ketika matahari berada di sebelah barat dan mulai meredup cahayanya, pertanda bagi dirinya untuk pulang ke rumah, biasanya ia akan pulang dengan menggunakan becak.

Cucunya yang kini jadi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dari anak terakhir Darmini, pernah memberikan saran kepada dirinya untuk berhenti berdagang keliling, namun ia menolak secara halus permintaan cucunya tersebut.

"Kalau berhenti sekarang nenek akan merepotkan anak. Kasihan sudah menanggung biaya dua anaknya, harus ketambahan biaya hidup saya. Alhamdulillah saya masih bisa cari uang sendiri, walau tidak begitu banyak tapi cukup," pungkasnya. [ani/ito]
 

Tag : kerja, keras, pasar, dagang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat