13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hindari Jatuh Sakit saat Berlibur dengan 6 Hal Ini

blokbojonegoro.com | Sunday, 18 March 2018 07:00

Hindari Jatuh Sakit saat Berlibur dengan 6 Hal Ini

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pernakah kalian tiba-tiba jatuh sakit saat sedang liburan? Ini memang hal yang menyebalkan. Padahal saat liburan kita seringkali ingin menikmatinya dengan penuh.

Penyakit itu bisa saja menyusup sebelum liburan, yakni saat stres, lelah dan terlalu banyak pekerjaan, sehingga sistem kekebalan tubuh berada di titik terendah dan tubuh lebih rentan terhadap penyakit.
Lalu saat kita pergi berlibur dengan transportasi umum, seperti kereta atau pesawat, dengan mudah kita juga bisa tertular penyakit bila ada penumpang lain yang kebetulan sakit.

Namun kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa mencegah agar penyakit tak mendatangi kita saat sedang berlibur.

Dilansir dari laman standard, Dr Kim Glass dari Bupa Health Clinics, Inggris, mengatakan bahwa mempersiapkan tubuh untuk berlibur bukanlah sesuatu yang sering dipikirkan.

Namun, ini adalah cara yang tepat untuk memastikan sistem kekebalan tubuh kita mampu mengatasi kuman atau penyebab penyakit saat berlibur nanti.

Berikut cara agar tak jatuh sakit selama berlibur menurut Dr Kim Glass.

1. Tidur yang cukup


Saat berlibur, kita biasanya sering mengabaikan jam tidur dan memilih untuk begadang karena tak ingin melewatkan waktu liburan yang berharga. Namun, ini adalah hal yang kontra produktif.

Jika kita kurang tidur, tubuh akan menghasilkan kortisol yang dikenal sebagai hormon 'fight or flight' yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kekuatan menghadapi penyakit.

Alih-alih mengorbankan waktu tidur, seharusnnya kita tetap harus menerapkan pola tidur yang cukup meskipun sedang berlibur.

Selain itu, sangat penting untuk memberi diri kita waktu untuk bersantai sebelum tidur, meletakkan telepon dan perangkat lain dan membiarkan tubuh kita merasa lelah secara alami.

2. Tetap perhatikan pola makan


Kita bisa mendongkrak sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan, termasuk sayuran hijau, buah beri dan buah sitrus.

Mengonsumsi bawang putih juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Minum smoothie segar merupakan cara yang bagus untuk cepat memberi nutrisi pada tubuh kita lewat berbagai jenis buah dan sayuran. Kalian juga bisa mencoba untuk mengonsumsi smoothie hijau menjelang hari berlibur.

3. Jaga tubuh tetap aktif


Sama seperti tidur, aktivitas fisik secara teratur dapat membantu kesehatan tubuh kita. Aktivitas fisik akan mempersiapkan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan penyakit.

Sebaiknya, kita berolahraga selama 30 sampai 60 menit setiap harinya. Hal yang wajar jika menjelang liburan kita memiliki banyak pekerjaan yang membuat kita tak punya waktu untuk berolahraga.

Namun, kita bisa mencoba jalan kaki saat makan siang untuk meningkatkan sistem kerja jantung. Olahraga tidak hanya akan membuat kita merasa segar dan berenergi. Tapi, juga akan meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Inilah yang membantu kita mendapatkan kondisi tubuh terbaik saat liburan. Cobalah untuk menghindari olahraga sebelum tidur karena butuh waktu untuk membuat kita merasa rileks yang justru bisa mempengaruhi pola tidur kita.

4. Jaga Kebersihan


Tidak butuh waktu lama bagi kuman masuk ke tubuh kita. Pastikan kita lebih berhati-hati saat di bandara, terminal, stasiun dan semacamnya. Bawalah hand sanitiser di tas kalian dan cucilah tangan secara teratur.

Jika kalian bepergian dengan anak-anak, penting juga untuk menjaga kebersihan bersama mereka. Membawa tisu pembersih adalah cara cepat dan mudah untuk memastikan anak-anak bebas dari kuman.

5. Hindari stres

Kemampuan untuk menangkal penyakit tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut ada yang berada di luar kendali kita. Namun, kita bisa mengendalikan beberapa hal seperti mengelola tingkat stres.

Ini penting untuk kita persiapkan sebelum liburan, dan hindari situasi stres di menit-menit terakhir menjelang liburan.

Saat kita merasa stres, tubuh mulai memproduksi lebih banyak hormon stres seperti kortisol, yang mampu menekan sistem kekebalan tubuh. Ini mirip dengan apa yang terjadi saat kita merasa lelah.
Pastikan kita mulai merencanakan liburan tersebut beberapa bulan sebelumnya dan mulai berkemas seminggu sebelum berlibur agar tak terburu-buru.

Beri diri kalian cukup waktu agar tidak perlu berlibur dengan suasana hati yang panik.

6. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Jika kalian tipe orang yang rentan sakit, sering melakukan pemeriksaan kesehatan adalah langkah yang tepat. Hal ini akan mengurangi kemungkinan untuk terserang batuk dan pilek saat berlibur.

Jika kalian sering jatuh sakit, cobalah berkonsultasi dengan dokter umum. Meminta bantuan profesional kesehatan akan membantu kita merancang sebuah rencana untuk memastikan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan sebaik-baiknya sepanjang tahun.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat