18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Komunitas Crafter Bojonegoro, Wadah untuk Belajar Kerajinan

blokbojonegoro.com | Monday, 09 April 2018 22:00

Komunitas Crafter Bojonegoro, Wadah untuk Belajar Kerajinan

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Komunitas Crafter Bojonegoro (KCB) merupakan wadah bagi para perempuan, yang ingin menyalurkan bakat dan juga belajar tentang kerajinan tangan. Berawal karena ingin mengumpulkan para produsen crafter, kemudian terbentuklah KCB.

KCB sudah ada empat tahun silam di Bojonegoro, selama empat tahun ada kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan bakat kreatifitas yang dimiliki oleh perempuan. Dan dengan adanya komunitas tersebut dapat saling bertukar pengalaman serta berbagi inspirasi.

"Dulu saya tahu dari teman saya yang ikut Komunitas Crafter, tapi di Lamongan. Lalu saya mencari-cari di Bojonegoro ternyata belum ada, kan banyak teman-teman saya yang punya hobi crafter juga, jadi kita berkumpul bersama untuk musyawarah, satu bulan kemudian terbentuklah kepengurusan KCB," tutur, Bendahara KCB Periode 2018, Nurhawati kepada blokBojonegoro.com.

Dalam kepengurusan yang pertama yang menjadi ketua adalah Alvi Prastika, kemudian ketua kedua Sherli Arianti, yang menjadi ketua ketiga utama, dan di periode 2018 ini yang menjadi ketua adalah Dian Susanti.

Menurut Dian Susanti, ada berbagai kegiatan yang sering diikuti oleh KCB, seperti pelatihan, ikut serta di acara pameran, dan juga ikut buka stand di acara Car Free Day (CFD).

"Setiap sebulan sekali kita pasti adakan pertemuan untuk saling silaturahim, kadang kita juga buat pelatihan, kita kan punya latar belakang keahlian yang berbeda-beda jadi kita bisa saling berbagi," tutur Deyyan sapaan akrab ibu tiga anak tersebut.

Anggota dari KCB didominasi dari masyarakat Bojonegoro sendiri, namun ada juga yang dari Kabupaten Tuban pinggiran seperti Parengan, Soko, dan Rengel.

Deyyan menambahkam, untuk menjadi anggota komunitas tersebut sangat mudah. "Kalau ingin mendaftar cukup bayar biaya administrasi sebesar Rp35.000 nanti dapat pin dan juga kartu member KCB, kalau sudah jadi anggota nanti bisa ikut kegiatan-kegiatan KCB," imbuh perempuan asal Campurejo tersebut.

Untuk menjadi anggota KCB tidak ada batasan usia, semua perempuan boleh jadi anggota dari remaja sampai ibu-ibu dan juga dari berbagai status pekerjaan atau profesi.

"Ada yang ibu rumah tangga biasa, pengusaha, istri polisi, guru, dan yang lainnya. Intinya yang ingin belajar crafter atau pengembangan Crafter yang sudah dimiliki bisa gabung," terang Hesti asal Kalianyar.

Dengan ikut menjadi anggota KCB, bisa menambah skill crafter, karena ada pelatihan yang khusus diagendakan secara rutin, biasanya sebulan sekali untuk para anggota crafter. Selain itu crafter juga mewadahi bagi anggotanya yang ingin ikut acara pameran ataupun bazar.

"Kita kan ada kas juga, jadi uang kasnya bisa digunakan untuk ikut pameran,  nanti barang yang dijual merknya dari masing-masing anggota, tapi satu stand komunitas crafter Bojonegoro," tutup Deyyan. [ani/lis]

 

Tag : kerajinan, perempuan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat