Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Komisi C Harapkan Disperinaker Berikan Pelatihan Sesuai Kondisi Lapangan

blokbojonegoro.com | Monday, 16 April 2018 13:00

Komisi C Harapkan Disperinaker Berikan Pelatihan Sesuai Kondisi Lapangan

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -
Jumlah pengangguran di Kabupaten Bojonegoro setiap tahunya terus mengalami kenaikan yang signifikan. Padahal, jika melihat kondisi lapangan di Bojonegoro ada proyek pengeboran minyak yang digadang-gadang bakal turut menekan pengangguran di Kota Ledre.

Sehingga, Komisi C DPRD Bojonegoro menekankan agar Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bojonegoro memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait kebutuhan dilapangan sekarang. Sebab, sebelumnya pada tahun 2017 menurut komisi C, Disperinaker selaku yang menaungi tenaga kerja mengadakan pelatihan namun tidak sesuai kondisi di Bojonegoro.

"Pada tahun 2017, memang Disperinaker melakukan pelatihan kepada masyarakat untuk mengurangi pengangguran yang ada, tetapi itu tidak sesuai di Bojonegoro yaitu keterkaitan tentang pengoboran minyak atau gas," terang ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi.

Jika melihat kondisi yang ada, banyak tenaga kerja lokal yang belum mempunyai skill yang diharapkan oleh pihak perekrut, sehingga banyak pekerja lokal yang hanya menepati pekerja ringan atau rendahan. Selain itu, para pekerja lokal juga banyak yang belum mempunyai sertifikat. Padahal sertifikat tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang keahlian para pekerja.

"Walaupun pekerja mempunyai keahlian yang sangat hebat dalam pekerjaan, kalau tidak memiliki sertifikat itu percuma," lanjutnya saat  melakukan hearing bersama Disperinaker dan kontraktor minyak digedung paripurna DPRD Bojonegoro, Senin (16/4/2018).

Oleh karena itu, Komisi C berharap pada tahun 2018 ini Disperinaker melakukan pelatihan kepada masyarakat tentang pengeboran gas ataupun minyak. Pasalnya, diperkirakan pada tahun mendatang proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) bakal menyedot pekerja yang lumayan banyak.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Agus Supriyanto membenarkan, bahwa selama ini Disperinaker memang tidak melakukan pelatihan terkait kebutuhan pengeboran minyak atau gas.  "Memang kita selama ini tidak mengadakan pelatihan itu, tetapi kita melakukan pelatihan lainya kepada masyarakat tergantung CSR," tutup Agus kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]

Tag : komisi, c, disperinakar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini