09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wihadi Dorong Masyarakat Manfaatkan Limbah Menjadi Biogas

blokbojonegoro.com | Wednesday, 18 April 2018 11:00

Wihadi Dorong Masyarakat Manfaatkan Limbah Menjadi Biogas

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Terkadang masyarakat menyepelekan limbah baik sampah maupun kotoran hewan, karena belum paham dan tahu pemanfaatannya. Padahal limbah tersebut dapat dijadikan biogas, sehingga anggota DPR RI komisi III, Wihadi Wiyanto mendorong masyarakat untuk memanfaatkan limbah menjadi energi agar dimanfaatkan.

Wihadi Wiyanto mengatakan, di dalam situasi ekonomi yang sekarang ini gas susah, kemudian harga minyak juga tinggi. "Jadi ini memang program yang diberikan kepada masyarakat untuk bisa mengolah sampah untuk menjadi biogas," jelasnya saat sosialisasi pemanfaatan limbah menjadi biogas oleh kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, Selasa (17/4/2018).

Kegiatan yang diikuti masyarakat dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro di balai desa Simo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban itu, Wihadi menuturkan, biogas ini menjadi alternatif artinya elpiji dapat tergantikan oleh biogas dengan kotoran. Sehingga ini merupakan program apresiasi darinya sebagai anggota DPR RI untuk Dapil Jatim IX (Bojonegoro-Tuban).

"Pemanfaatnya memang kita sebar di Tuban dan Bojonegoro, karena kalau limbah dapat dimanfaat dengan baik, tentunya sangat bermanfaat bagi mereka," tutur politisi Gerindra itu.

Ditambahkan Wihadi, setidaknya di Bojonegoro ada 10 tempat dan Tuban 4 tempat yang diberikan kepada warga yang siap di dalam menerima program ini. Pasalnya ia memperkirakan peternakan rakyat di Bojonegoro dan Tuban tidak ada yang besar. Tetapi peternakan rakyat ini juga tidak bisa membuat biogas dalam skala besar. Artinya bahan dari kotoran belum siap yang merupakan bahan pokok karena belum ada peternakan yang besar.

"Sehingga pemanfaatan ini ke masyarakat langsung dan saya melihat kedepannya justru pada pemkab yang dapat memanfaatkan sampah untuk menjadi biogas," imbuhnya.

Tetapi itu sesuatu hal yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, tentunya dengan perusahaan-perusahaan beasar yang ada di Bojonegoro dan Tuban, seharusnya CSR (Coorporite Social Responsibility) dapat dimanfaatkan mereka untuk membuat limbah sampah ini agar benar-benar bisa bermanfaat.

"Sehingga ketergantungan masyarakat terhadap elpiji dan PLN dapat teratasi. Sebenarnya kita mendorong pemkab agar dapat membuat skala yang lebih besar melalui CSR perusahaan itu," terang Wihadi.

Sementara itu narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah mengapresiasi dan berterimakasih kepada Wihadi, karena upaya serta apresiasinya memberikan pemahaman pemanfaatan limbah menjadi biogas. "Harapannya, kita semua bagaimana bisa memanfaatkan limbah itu," ungkapnya.

Menurut Nurul, di TPA Banjarsari sudah ada proses pembuatan biogas dari sampah yang bisa dimanfaatkan memasak masyarakat sekitar. Sehingga ini bisa dilakukan yang lain untuk memanfaatkan limbah menjadi biogas, sehingga berdaya guna.

Apalagi melihat salah satu yang menyebabkan bengawan solo keruh dan tercemar, karena limbah maupun kotoran hewan dibuang ke bengawan. "Kalau itu dialihkan ke biogas, tidak lagi terjadi pencemaran bengawan solo dan masyarakat menjadi untung," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : limbah, wihadi, wihadi wiyanto



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat