Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Di Dander, Buah Joho Diambil untuk Obat

blokbojonegoro.com | Thursday, 19 April 2018 08:00

Di Dander, Buah Joho Diambil untuk Obat

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com -
Buah Joho atau yang bernama latin termenalia bellirica ternyata bisa di jadikan obat. Adalah Srikadung, kakek asal, Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang itu rela jauh-jauh datang ke kawasan hutan Dander, turut jalan Poros Utama Kecamtan (PUK) Dander-Bubulan untuk mencari buah joho tersebut.

Mbah Sri, sapaan akrabnya, dengan cekatan mengambil satu-persatu buah joho yang jatuh dari pohonnya untuk dimasukkan dalam karung. Buah joho sendiri sekilas mirip dengan duku. Namun, yang membedakan adalah isinya. Sedangkan, untuk pohon dari buah joho sendiri memang jarang dijumpai. Yaitu pohonya tinggi dan besar, bahkan seolah menjadi tempat mistis.

"Diambil dikumpulkan untuk dibuat obat," kata Srikadung, kepada blokBojonegoro.com didekat jalan PUK Dander-Bubulan.

Dirinya sengaja jauh-jauh dari Gondang untuk mengumpulkan dan mengambil buah joho tersebut. Selanjutnya kata dia, buah tersebut rencananya akan dijual sebagai bahan obat.

Namun, saat ditanya, Mbah Sri enggan membeberkan berapa harga buah joho tersebut. "Yang tahu bosnya (pembelinya) nanti langsung dijual ke Surabaya," imbuhnya.

Buah joho sendiri lanjut Mbah Sri, bisa dijadikan beberapa obat herbal. Di antaranya, yaitu obat cacing, asma, dan pereda kejang. Selain itu, buah joho hanya berbuah setahun sekali. Yaitu ketika akan memasuki pancaroba dari musim penghujan ke kemarau. "Pada waktu itulah buah joho berguguran dan tinggal diambil," pungkasnya. [top/ito]
 

Tag : buah, joho, dander, obat, khasiat, hutan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini