Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Kartini, Petugas SPBU Pakai Kebaya

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 April 2018 11:00

Hari Kartini, Petugas SPBU Pakai Kebaya

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -
Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk memperingati hari kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. Salah satunya adalah yang dilakukan petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Desa Kalianyar Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (21/4/2018).

Petugas yang saat hari biasa menggunakan baju kemeja dengan warna merah dan putih ini, untuk moment hari kartini menggunakan pakaian kebaya bagi perempuan dan baju seorang dalang bagi laki-laki yang dilengkapi dengan sebuah ikat kepala. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa hari ini adalah hari kartini.

"Kalau ribetnya tidak, tetapi sangat gerah, apalagi sekarang Bojonegoro juga dalam kondisi yang sangat panas," terang salah satu  petugas SPBU, Okci Vilira penuh senyum.

Perempuan yang akrab disapa Okci tersebut menjelaskan, dirinya dan enam pegawai lainnya  menggunakan baju tersebut sejak pukul 06.00 Wib, dan tentu merasa senang sekali. Sebab, dengan menggunakan baju khas jawa bisa mengenalkan budaya maupun adat kepada masyarakat sekitar dan tentunya sebagai inpirasi dari seorang pejuang emansipasi wanita.

Rencananya petugas SPBU yang menggunakan pakaian kebaya dan baju khas seorang dalang tersebut akan berlangsung sampai pukul 14.00 Wib nanti, lantaran bergantian tugas dengan lain.

"Nanti hanya pukul 14.00 saja dan untuk selanjutnya bagi petugas kedua memakai baju seperti biasanya," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Dengan memakai baju tersebut, banyak di antara pengunjung yang sempat kaget dan bertanya-tanya karena tidak seperti biasa pakaian yang dikenakan oleh petugas SPBU.

Seperti halnya yang ungkapkan oleh pelanggan SPBU, Yandi, pria asal Kecamatan Kapas ini merasa kaget lantaran petugas SPBU tidak memakai baju seperti biasa.

"Tadi sempat kaget, setelah dijelaskan oleh petugas baru saya tahu hari ini merupakan hari Kartini," tuturnya seusai mengisi bahan bakar.

Yandi juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh petugas SPBU sangat positif. Namun lebih baiknya, pemakaian baju adat maupun lainnya juga bisa dilakukan setiap ada perayaan even lain. Sehingga bisa mengenalkan bahwa Indonesia mempunyai banyak baju adat.

"Seperti Agustusan bisa memakai baju pahlawan, hari raya Idhul Fitri maupun hari raya umat agama lainya bisa menggunakan baju khas masing-masing. Hal itu juga bisa sebagai wujud toleransi umat bergama," tutup pria 28 tahun ini. [din/mu]

Tag : hari kartini, perayaan kartini



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini