16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hati-hati, Pangku Laptop Pengaruhi Kesuburan Pria

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 April 2018 07:00

Hati-hati, Pangku Laptop Pengaruhi Kesuburan Pria

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kesuburan pria dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Bisa karena faktor keturunan, hingga faktor lingkungan.

Salah satu faktor lingkungan yang dapat menyebabkan terjadinya masalah ketidaksuburan atau infertilitas adalah kebiasaan memangku laptop.

Panas dari komputer jinjing teralirkan ke area reproduksi, khususnya bagi para pria.

Hal ini seringkali luput dari perhatian karena sudah menjadi kebiasaan bagi para pekerja kantoran yang sering berkutat dengan laptop.

Panas yang terpancar dari dalam laptop ke area sekitar selangkangan pria ternyata dapat mempengaruhi kadar kesuburan.

Wilayah testikel tempat diproduksinya sperma, yang berada di sekitar skrotum secara langsung terkena panas, karena posisi dan bentuk skrotum yang mencuat keluar.

Hal ini berbeda dengan alat reproduksi wanita berupa sel telur, yang posisinya terlindungi karena diproduksi di dalam ovarium yang tersimpan jauh di dalam.

Kesuburan alat reproduksi wanita tidak akan terpengaruh meski teraliri hawa panas dari laptop yang dipangku.

Artikel di laman Meetdoctor menyebutkan, skrotum tempat pria memproduksi sel-sel sperma sangat sensitif terhadap panas dalam bentuk apa pun, termasuk panas dari laptop.

Saat laptop dipangku dan suhu laptop mengalami kenaikan layaknya kenaikan udara atau air panas, sperma pria mengalami ancaman penurunan kualitas.

Saat laptop dipangku selama satu jam saja, suhu laptop sudah sanggup mengalami kenaikan sebesar 2,7 derajat Celsius.

Padahal, skrotum pria harus selalu berada dalam suhu normal, sehingga kenaikan suhu sebesar satu derajat saja sudah dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada pria.

Bagi para pria menikah yang ingin segera menimang anak, suhu panas di sekitar skrotum dan testikel haruslah terjaga dan sebisa mungkin dihindari.

Hal ini tidak hanya terbatas pada kondisi laptop yang panas, namun juga kondisi kaki yang dirapatkan satu dengan yang lain, agar laptop yang dipangku tertopang sempurna.

Kondisi kaki yang dirapatkan terus-menerus ini juga dapat menaikkan suhu di sekitar skrotum dan testikel pria.

Akibatnya, panas laptop berpadu dengan panas dari posisi paha yang merapat akan melipatgandakan panas yang diterima area selangkangan.

Suhu panas dari laptop sudah dapat mencapai angka 31 derajat Celsius, terutama saat laptop dalam posisi aktif digunakan dengan banyak aktivitas sekaligus.

Suhu panas akan muncul rata-rata setelah laptop aktif digunakan selama satu jam.

Satu jam penggunaan laptop di pangkuan sudah mengakumulasi suhu sebesar 31 derajat Celsius, ditambah dengan posisi paha yang merapat.

Hingga kini, penelitian memang masih terus dilakukan oleh para ahli mengenai efek langsung panas laptop yang dipangku bagi kesuburan pria.

Namun, sudah ada studi yang memaparkan, konsentrasi sperma mengalami penurunan sebanyak kira-kira 40 persen, setelah mengalami peningkatan suhu sebesar satu derajat Celsius.

Demi mengantisipasi kondisi ini, selalu gunakanlah meja atau bidang sanggahan lain agar panas laptop tak mengalir ke tubuh kita.

*Sumber: kompas.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat