Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Nafisa Aqila Zulfaira, Juara 3 KMNR Nasional

Meski Mepet, Nafisa Tunjukkan yang Terbaik

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 April 2018 08:00

Meski Mepet, Nafisa Tunjukkan yang Terbaik

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Pagi yang cerah menyinari Sekolah Dasar Model Terpadu (SD MT) Kecamatan Kapas, nampak suara kecerian seluruh siswa nyaring terdengar di salah satu aula, maklum saja kebetulan sekolah tengah menggelar Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra Mi'raj.

Dari Ratusan siswa sekolah tersebut, ada salah siswi yang mempunyai kemampuan berhitung secara nalar, dan bahkan meraih juara 3 tingkat nasional pada ajang Kompetisi Matematika Nalariah Realistic (KMNR) jenjang SD kelas I yang diselenggarakan di Jakarta satu minggu lalu.

Nafisa Aqila Zufaira, siswi yang masih duduk di kelas 1 itu memang sudah terlihat kemampuannya dalam ilmu hitung. Kemampuan itu dibuktikan dari nilai matematika yang selalu terbaik dibanding teman sejawatnya. Memang wajar, karena ia menyukai ilmu berhitung sama seperti kakak kandungnya yang juga jago matematika.

Sebelum mengikuti lomba KMNR tingkat nasional, siswi asal Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander ini mengikuti lomba KMNR tingkat kabupaten, dan berhasil meraih yang terbaik. Memang tak banyak persiapan yang dilakukan oleh Nafisa sapaan akrabnya.

"Ya pihak guru hanya memberikan pemahaman dan pendampingan materi," ucap Wali kelas I, Linda Listia Andini saat ditemui blokBojonegoro.com, Jumat (20/4/2018).

Keikutsertaan pada KMNR tingkat nasional bisa dibilang sangat mepet, bahkan tidak banyak yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk memberikan materi tambahan terkait latihan soal-soal untuk KMNR tingkat nasional, pasalnya hanya terpaut dua hari kegiatan itu dilaksanakan.

"Ada dua siswa SD MT yang ikut KMNR nasional yang digelar di Ancol Jakarta, yakni Firman Bintang Pamungkas dan Nafisa Aqila Zufaira," papar Linda Listia Andini.

Dari dua perwakilan itu, Nafisa Aqila Zulfaira yang mampu meraih juara 3. Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh Nafisa saat hendak mengikuti lomba di Jakarta. Putri ke-3 pasangan A. Syamsul Hadi dan Ana Zumiarti hanya memaksimalkan waktu belajar saat berada di sekolah.

"Kalau sudah pulang sekolah, istirahat dan bermain sebentar dengan teman-teman," celoteh Nafisa menjawab pertanyaan awak bB sebutan blokBojonegro.com, sembari tersimpu malu.

Terpisah Kepala SD MT, Suripah mengaku senang siswanya bisa membawa nama harum sekolah di tingkat nasional. Prestasi Nafisa bisa membawa dampak positif bagi siswa lain untuk terus menorehkan prestasi dalam semua bidang baik lokal maupun nasional.

"Ya semoga siswa-siswa bisa terus meraih prestasi," tutup Suripah. [saf/mu]

Tag : nafisa, Nafisa Aqila Zufaira



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini