16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peringatan Hari Kartini

SMK Migas Gelar Talkshow Bersama Kartini Masa Kini

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 April 2018 16:00

SMK Migas Gelar Talkshow Bersama Kartini Masa Kini

Reporter: M. Safwan

blokBojongeoro.com - Tanggal 21 April diperingati dengan hari lahirnya pahlawan dari kaum perempuan yaitu Raden Ajeng Kartini. Banyak acara digelar masyarakat untuk mengenang jasa dan semangat kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita agar mendapatkan hak yang sama untuk bisa mengenyam pendidikan seperti halnya kaum laki-laki.

Salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro. Sabtu (21/4/2018), sekolah yang akrab disebut SMK Migas itu mengelar berbagai acara untuk mengenang dan terus menggelorakan semangat kartini di zaman sekarang, mulai dari upacara bendera dimana petugas upacara memakai kebaya, fashion show hinga talkshow dengan tiga narasumber yang menginspirasi, yaitu Eryul Mufidah., SE., MM direktur bank sampah Bojonegoro, Nyunarwati ketua kelompok wanita tani srikandhi Gondang dan Galih Tiara Ranu Murti, S.Kep yang saat ini bekerja sebagai Community Development Advisor di perusahaan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) asli Bojonegoro.

Waka Humas SMK Migas Bojonegoro, Burhanuddin mengatakan, peringatan hari kartini tahun 2018 sengaja dikemas berbeda, dan tentu menekankan adanya edukasi kepada siswa-siswi agar terus semangat belajar dan pantang menyerah meski banyak rintangan.

Disamping itu, dalam talkshow para narasumber adalah orang-orang yang mempunyai pengalaman yang berbeda-beda, tentu sharing tentang proses perjalanan hidup yang dilalui akan menjadi pompa motivasi pada siswa-siswi.

"Jadi kita panel bersamaan, fokusnya pada proses narasumber hingga berada dalam posisi sekarang ini, mulai tantangan suka dukanya, kepuasan narasumber pada hasil dan impian narasumber kedepan," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Ketiga narasumber yang dihadirkan, kata Burhan, semuanya ada kaitannya dengan jurusan yang ada di SMKN 5, yaitu Teknik Energi Terbarukan (TET), Teknik Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) dan dari EMCL tentu sangat pas dengan jurusan Teknik Pemboran Minyak dan Gas Bumi (TPMG).

Saat acara, masing-masing narasumber menceritakan kisah hidupnya menggeluti pekerjaan mulai dari suka dan duka. Seperti yang diutarakan dara asli Kecamatan Dander Galih Tiara Ranu Murti, S.Kep yang saat ini bekerja sebagai Community Development Advisor di perusahaan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), yang bercerita saat pertama kali mendaftar di perusahaan yang saat ini mengelola lapangan migas Banyuurip di Kecamatan Gayam.

"Pertama dulu mendaftar saingannya sangat berat dan juga lebih berpengalaman, sempat ciut waktu itu, tapi mulai tahap satu dan selanjutnya alhamdulillah berjalan lancar, disamping itu dalam hati saya beranggapan bahwa saya harus menunjukkan yang terbaik dan tentu jangan lupa berdoa kepada tuhan," terang Rara sapaan dara yang suka puasa Senin-Kamis itu.

Moment kartini ini, jelas Rara, dirinya mengajak para siswa untuk tak lelah mengejar cita-cita dengan belajar yang rajin dan meningkatkan kualitas berkomunikasi, lantaran dulu saat kartini muda, hanya laki-laki yang bisa mengenyam pendidikan, sedang para perempuan hanya diperbolehkan duduk manis di rumah. Namun, di zaman milenial saat ini semua sama, perempuan boleh bekerja, boleh sekolah dan tentu harus tetap menjadi wanita yang anggun dan berakhlak mulia.

"Ingat adek-adek, dalam dunia kerja itu yang perlu diperhatikan adalah komunikasi, maka moment hari kartini ini mari semangat beliau kita tanam sedalam-dalamnya dalam diri ini, bahwa kita harus sukses di masa yang akan datang, belajar yang rajin dan sungguh-sungguhlah di sekolah untuk berproses, maka kelak saat lulus pasti kalian bisa langsung bekerja sesuai bidang masing-masing," motivasi Rara kepada para siswa-siswai SMK Migas.

Salah satu siswi kelas XI, Yuli mengatakan, talkshow dengan menghadirkan kartini zaman now ini sangat menginspirasi bagi dirinya dan teman-temannya, bagimana tidak, perjalanan ketiga narasumber berbeda dan penuh tantangan, sehingga ia merasa belajar yang telah ia alami selama ini harus terus ditingkatkan.

"Alhamdulillah bisa bertemua mbak dan ibu-ibu hebat, jadi makin semangat belajarnya, bismillah saya bisa," semangatnya saat mengungkapkan kesannya kepada bB sapaan blokBojonegoro.com/ [saf/mu]

*Foto Galih Tiara Ranu Murti tengah bercerita di hadapan siswa.

Tag : smk migas, smkn 5 bojonegoro, smkn migas bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat