Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ekonomis, Manfaatkan Pekarangan untuk Tanam Klengken

blokbojonegoro.com | Friday, 27 April 2018 17:00

Ekonomis, Manfaatkan Pekarangan untuk Tanam Klengken

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Kreasi sebagian warga di Kecamatan Bubulan ini bisa ditiru. Yaitu meraka memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam buah klengkeng. Bahkan mereka juga sudah memanen.

"Alhmdulillah bersyukur ternyata klengkeng saya buahnya banyak," kata seorang warga, Dwi Setyowati kepada blokBojonegoro.com, Jumat (27/4/2018).

Dwi sapaannya, merasa buah klengkeng memang bisa tumbuh subur di lahan miliknya. Hal terbukti satu pohon klengkeng yang ia tanam beberpa tahun lalu bisa berbuah lebat.

Saat ini, Dwi bersama kerabat dekatanya berusaha untuk ujicoba tanaman klengkeng lagi. Klengkeng yang sudah ditanam di pekarangan rumah kini sudah ada 15 pohon.

"Pernah nanam satu pohon dan ternyata buahnya banyak. Akhirnya ini coba tanam lagi. Hasil buahnya juga saya jual ke tetangga sekitar dengan harga Rp12.000 untuk seperempat kilogram," terang Dwi.

Untuk jenis klengkeng yang ditanam adalah jenis unggulan. Selain itu buah klengkeng adalah hasil rekayasa setek, sehingga meskipun pohonya masih kecil sudah bisa berbuah.

Menurut dia, perawatan klengkeng tidaklah sulit. Yang terpenting adalah ketika musim kemarau asupan air tetap harus tercukupi, selain itu di sekitar pohon harus seteril dari tumbuhan lain.

"Sekitar pohon juga harus bersih dari tanaman lain atau rumput, agar bisa subur dan juga apabila ingin cepat berbuah tambahkan pupuk secukupnya," tutupnya. [top/mu]

Tag : klengkeng



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini