11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

10 Manfaat Luar Biasa dari Puasa

blokbojonegoro.com | Thursday, 17 May 2018 07:00

10 Manfaat Luar Biasa dari Puasa

Reporter:-

blokBojonegoro.com
- Bulan Ramadan sudah di depan mata. Pada momen ini, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa.

Mereka harus menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun, puasa ini rupanya tak hanya dikenal di kalangan umat Muslim saja.

Komunitas kesehatan juga menyakini puasa mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari laman Lifehack, Nathan Hewitt, pakar diet dari Inggris memaparkan 10 manfaat luar biasa dari berpuasa.

1. Menurunkan berat badan

Puasa bisa menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Banyak riset telah menunjukkan puasa intermiten -puasa yang dilakukan secara berkala, memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet biasa.

Puasa intermiten memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, bukan gula. Kini, banyak atlet menggunakan puasa sebagai sarana untuk mengurangi lemak tubuh ketika menghadapi kompetisi. B

2. Meningkatkann sensitivitas insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin. Ini memungkinkan tubuh mentoleransi karbohidrat (gula) lebih baik.

Sebuah penelitian menunjukkan setelah periode berpuasa, insulin menjadi lebih efektif dalam "memberitahu" sel untuk mengambil glukosa dari darah.

3. Meningkatkan metabolisme

Puasa membuat sistem pencernaan kita beristirahat. Ini dapat memberi energi pada metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien.

Jika pencernaan buruk, maka kondisi itu dapat memengaruhi kemampuan untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. Puasa pun dapat mengatur pencernaan dan meningkatkan fungsi usus yang sehat. Inilah yang akhirnya mampu meningkatkan fungsi metabolisme kita.

4. Memperpanjang usia

Percaya atau tidak, semakin sedikit kita makan semakin tinggi harapan hidup kita. Riset telah menunjukkan bagaimana masa hidup orang-orang dalam budaya tertentu meningkat karena makanan mereka.

Namun, kita tidak perlu hidup di antara komunitas asing untuk mendapatkan manfaat dari puasa. Salah satu efek utama penuaan adalah metabolisme yang lebih lambat.

Jadi, semakin muda tubuh kita, semakin cepat dan lebih efisien proses metabolisme. Semakin sedikit kita makan, semakin kecil risiko kesehatan yang kemungkinan terjadi pada sistem pencernaan.

5. Mengatur hormon rasa lapar

Coba pikirkan tentang ini, bisakah kita benar-benar mengalami rasa lapar yang nyata jika kita makan makanan setiap 3-4 jam?

Tentu saja tidak bisa. Bahkan, untuk mengalami sifat kelaparan yang sebenarnya, ini akan memakan waktu mulai dari 12-24 jam.

Puasa membantu mengatur hormon dalam tubuh sehingga kita benar-benar merasakan rasa lapar yang nyata. Mereka yang memiliki berat badan lebih tidak menerima sinyal yang tepat untuk memberi tahu rasa lapar yang tepat.

Ini terjadi karena mereka memiliki pola makan yang berlebihan. Semakin lama kita berpuasa, semakin banyak tubuh kita dapat mengatur dirinya sendiri untuk melepaskan hormon yang tepat.

Dengan cara ini, kita mampu merasakan rasa lapar yang sebenarnya. Ketika hormon bekerja dengan benar, kita juga bisa merasa kenyang lebih lama.

6. Memperbaiki pola makan Puasa sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan makan berlebihan.

Cara ini juga sangat membantu mereka yang memiliki pola makan tidak teratur, entah karena pekerjaan dan prioritas lainnya.

Tak masalah jika kita melakukan puasa intermiten sepanjang sore tanpa makan. Cara ini dapat memungkinkan kita untuk makan pada waktu yang ditentukan dan sesuai dengan gaya hidup kita.

Bagi siapa saja yang ingin mencegah nafsu makan berlebih, kita dapat menetapkan waktu di mana kita dapat mengonsumsi sejumlah harian kalori dalam satu kali waktu.

Setelah itu, kita harus menahan nafsu makan ini sampai hari berikutnya.

7. Meningkatkan fungsi otak

Puasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak, karena meningkatkan produksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

BDNF mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu banyak bahan kimia lain yang mempromosikan kesehatan saraf.

Protein ini juga melindungi sel-sel otak kita dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

8. Meningkatkan sistem imun

Puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan berpuasa, tubuh mampu mengurangi kerusakan radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan mencegah pembentukan sel kanker.

Di alam, ketika hewan sakit mereka berhenti makan dan fokus untuk beristirahat. Ini adalah naluri primitif untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka, sehingga tubuh mereka dapat melawan infeksi.
Manusia adalah satu-satunya spesies yang mencari makanan ketika kita sakit, bahkan ketika kita tidak membutuhkannya.

9. Membuat diri merasa lebih baik

Puasa telah membantu banyak orang merasa lebih terhubung dengan kehidupan selama latihan membaca, meditasi, yoga, dan seni bela diri dan semacamnya. Tanpa makanan dalam sistem pencernaan, ini membuat ruang untuk lebih banyak energi dalam tubuh.

Pencernaan adalah salah satu sistem dalam tubuh yang paling banyak menyerap energi.

Berpuasa memungkinkan kita merasa lebih baik secara sadar maupun secara fisik. Dengan tubuh yang lebih ringan dan pikiran yang lebih jernih, kita menjadi lebih sadar, dan bersyukur atas hal-hal di sekitar kita.
10. Puasa mencerahkan kulit dan mencegah jerawat
Puasa dapat membantu membersihkan kulit dan mencegah munculnya jerawat. Ini terjadi karena saat tubuh yang sementara bebas dari aktivitas dalam proses pencernaan, ia dapat memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain.

Tidak makan apa pun selama satu hari terbukti membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal dan bagian lainnya.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/16/
070000120/10-manfaat-luar-biasa-dari-puasa

Tag : manfaat, puasa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat