21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Suntikan Ada yang Membatalkan Puasa

blokbojonegoro.com | Friday, 18 May 2018 07:00

Suntikan Ada yang Membatalkan Puasa

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Perlu diketahui suntikan ada tiga jenis: 1.Suntikan melalui kulit (Intra cutan) misalnya suntikan Insulin 2.Suntikan melalui otot (Intra muscular) misalnya suntik antihistamin dan beberapa jenis vaksinasi 3.Suntikan melalui pembuluh darah (intra vena) misalnya antinyeri, infus dan vitamin.

Berdasarkan yang materi disuntik ada dua jenis: 1.Suntikan bukan makanan misalnya antinyeri dan antihistamin 2.Suntikan yang mengandung makanan atau zat makanan misalnya suntikan glukosa atau infus elektrolit.

Kita akan bahas, apakah suntikan membatalkan puasa atau tidak. 1.Suntikan melalui kulit (Intra cutan) Suntikan melalui kulit tidak membatalkan puasa, karena tidak ada saluran khusus ke organ pencernaan atau tidak menimbulkan energi dan tidak membuat kenyang.

Karena kaidah umumnya yang lebih shahih mengenai pembatal puasa adalah bukan semata-mata sesuatu yang masuk di organ pencernaan akan tetapi bisa menguatkan badan dan hakikatnya sama dengan makan dan minum.

DR. Ahmad bin Muhammad Al-Khalil Hafidzahullah berkata, “Alasan membatalkan bukanlah semata-mata sampainya sesuatu (makanan) menuju lambung (saluran pencernaan) akan tetapi bisa menguatkan badan dan membuat kenyang (menghasilkan tenaga).”

Syaikh Al-Utsaimin Rahimahullah menukil perkataan Ibnu Taimiyyah Rahimahullah mengenai kaidah ini, “Tidak batal dengan suntikan (perkataan beliau masih global, pent), karena suntikan bukanlah “makan dan minum” baik secara bahasa maupun ‘urf / kebiasaan.

Tidak ada dalil dalam kitab dan sunnah bahwa kaidah hukum (membatalkan) adalah masuknya sesuatu ke lambung. Seandainya tetap kita katakan, semua yang masuk ke lambung dengan cara apapun membatalkan, akan tetapi Al-Quran dan Sunnah menunjukkan pembatal itu adalah sesuatu yang sudah spesifik yaitu makan dan minum.

Jadi suntikan melalui kulit tidak membatalkan puasa karena tidak mengenyangkan dan tidak memberi energi 2.Suntikan melalui otot (Intra muscular) Ini juga tidak membatalkan puasa karena sama dengan suntikan melalui kulit, yaitu tidak tidak ada saluran khusus ke organ pencernaan atau tidak menimbulkan energi dan tidak mengeyangkan.

Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah berkata, “Adapun suntikan pada otot, bukan pada pembuluh darah maka semoga tidak membatalkan puasa.”

Dan Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah (Komite Fatwa di Saudi),“Boleh berobat dengan suntikan di lengan atau pembuluh darah, bagi mereka yang puasa di siang hari bulan Ramadhan. Namun, orang yang sedang berpuasa tidak boleh diberi suntikan.

Mufthiratus Shiyam Al-Mua’shirah, Syaikh Dr. Ahmad bin Muhammad Al Kholil , Soft file word 17 sy-Syarhul Mumti’ ‘ala zadil mstaqni’ 3/368-369 18 Sumber: http://ar.islamway.net/fatwa/8953 10 nutrisi (infus) di siang hari Ramadhan karena ini sama saja dengan makan atau minum.

Pemberian suntikan infus disamakan dan dianggap cara untuk membatalkan puasa Ramadan. Jika memungkinkan untuk melakukan suntik di lengan atau pembuluh darah di malam hari maka itu lebih baik.”

3.Suntikan melalui pembuluh darah (intra vena). Suntikan melalui pembuluh darah (intra vena) perulu dirinci: a.Suntikan yang mengandung bahan makanan misalnya suntik vitamin C dan suntik infus, ini membatalkan puasa b. Suntikan yang tidak mengandung bahan makanan misalnya suntik antinyeri dan antihistamin, ini tidak membatalkan puasa.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata, “Suntikan pengobatan ada dua macam: Pertama: bisa memberikan tenaga dan mengenyangkan serta bisa menggantikan makan dan minum, maka ini semakna dengan pembatal puasa. Kedua: tidak bisa memberikan tenaga dan mengenyangkan serta bisa menggantikan makan dan minum, maka ini tidak membatalkan puasa.

Karena tidak didapati nash (dalil tegas) secara lafadz ataupun makna akan hal ini. Suntikan bukanlah makan dan minum dan tidak pula semakna dengan makan dan minum.”

Catatan: Jika ada yang mangatakan meskipun suntikan intavena yang tidak mengandung bahan makanan, akan tetapi ada cairan yang masuk, misalnya suntikan ketorolac 1 ml atau ranitidin 2 ml. Maka kita katakan bahwa cairan yang masuk lewat suntik pembuluh darah tersebut sangat sedikit yaitu 1 ml atau 2 ml.

Hal ini sebagaimana berkumur-kumur ketika bersiwak. Fatawa Lajnah, 10:252 20 Sumber: http://ar.islamway.net/fatwa/3494 11 Otomatis pasti ada sisa cairan/air ketika berkumur-kumur yang menempel di lidah, rongga mulut dan gigi.

Terkadang sisa cairan ini bercampur dengan air ludah dan bisa jadi masuk ke kerongkongan. Akan tetapi karena jumlahnya sedikit maka tidak dianggap. Demikian juga cairan yang masuk sebanyak 1 ml atau 2 ml saja. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat sering bersiwak dan berkumur-kumur ketika berpuasa.

Seperti hadist yang diriwayatkan ‘Amir bin Rabi’ah. Ia berkata : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sering kali bersiwak saat puasa dan jumlahnya tidak terhitung.”

Kesimpulan umum: Kaidah umum yang disampaikan oleh DR. Ahmad bin Muhammad Al-Khalil hafidzahullah, beliau berkata, “Pendapat terkuat mengenai suntikan adalah pendapat mayoritas ahli fikih kontemporer bahwa suntikan yang membuat kenyang/memberi tenaga bisa membatalkan puasa karena kuatnya dalil dan sesuai dengan tujuan syariat.(*)

*Sumber : Fikih Kesehatan Kontemporer Terkait Puasa dan Ramadhan , Penulis : dr. Raehanul Bahraen Editor Ahli : Ustadz Aris Munandar, S.S, M.Pi Editor Isi : dr. Adika Mianoki Lay Out : Qonita Graph. www.kesehatanmuslim.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat