18:00 . Workshop Peningkatan Mutu dan Peran Komite Sekolah Diikuti 152 Peserta   |   14:00 . PPKD Gelar Raker Tahun 2021 di Toyoaji   |   12:00 . PK Ditolak, Persibo Bojonegoro Tuntut Keadilan Lewat PSSI Pusat   |   08:00 . Kabar Gunung Semeru, Presiden akan Relokasi Warga   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   22:00 . Mendag Lutfi: Bisnis Waralaba Sukses Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19, Menjadi Tuan Rumah dan Kuasai Pasar Negeri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   16:00 . Media Gathering EMCL, Ajak Wartawan Menjadi Konten Kreator di Medsos   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sejarah Terciptanya Anthem Persibo Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Saturday, 19 May 2018 14:00

Sejarah Terciptanya Anthem Persibo Bojonegoro

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -
Banyak cara yang dilakukan oleh suporter untuk memberi semangan kepada klub tercintanya, baik melalui chant-chant maupun koreografi saat pemain sedang berlaga di dalam lapangan.

Selain chant-chant ataupun koreografi ada juga sebuah 'Anthem'. Anthem bisa dikatakan sebuah lagu yang dinyanyikan secara bersama-sama dan menjadi milik sebuah kelompok atau golongan tertentu. Bisa dibilang, anthem juga menjadi perekat sebuah kelompok atau golongan, sekaligus cara menunjukkan jati diri dan identitas kelompok tersebut kepada orang lain.

Di Indonesia, sekarang ini, beberapa anthem klub mulai bermunculan dan menjadi sebuah cara tersendiri yang dilakukan oleh para suporter. Anthem klub tersebut pun tersebar, tidak hanya di klub Liga 1 maupun Liga 2 saja. Bahkan, klub liga 3 pun juga sudah mulai memiliki anthem nya masing-masing.

Seperti halya PSS Sleman dengan anthem berjudul "Sampai Kau Bisa" dan anthem Persebaya yang berjudul "Song for Pride". Maka, Persibo Bojonegoro pun juga mempunyai anthem dengan judul "Jayalah Persiboku" yang mempunyai makna yang sangat mendalam.

Anthem Persibo diciptakan oleh Antoni Irawan dan Alif Adiyansyah yang juga sebagai  seorang suporter setia Persibo dan ketika itu squad Laskar Angling Dharma dalam keadaan sangat terpuruk dan keaggotaanya tidak diakui oleh PSSI. Bahkan bisa dikatakan, para suporter sudah tidak lagi mendukung Persibo dan lebih memilih mendukung tim tetangga, dengan mendirikian fans klub tersebut di Kabupaten Bojonegoro.

"Ungkapan itu terletak pada paragraf pertama dan ke dua Anthem Jayalah Persiboku," terang salah salu pencipta, Alif Ardiansyah.

Anthem tersebut tercipta saat dirinya berangkat bersama suporter lainya ke Kota Bandung Jawa Barat pada Januari tahun 2017 lalu, untuk mengawal kongres PSSI. Namun kala itu, harus ada beberapa revisi dari para suporter lainya terkait penambahan lirik maupun lainya.

"Sebenarnya sebelum betangkat lirik itu sudah selesai dan baru saya tawarkan kepada temen-temen suporter lainya saat keberangkatan," terang pria asal Desa Ngraseh Kecamatan Dander ini.

Namun, anthem tersebut baru pertama kali dilantunkan setelah laga Persibo melawan Persema Malang pada 25 April 2017, yang kala itu langsung dipimpin oleh mereka berdua. Bahkan, waktu itu dirinya tidak menyangka lirik yang diciptakanmenjadi Anthem klub yang sangat ia cintai dan selalu dilantukan setelah Persibo selesai berlaga.

"Sebelumnya juga ada rapat dulu dengan para suporter Persibo baik dari Curva Nord maupun Boromania untuk menjadikan lirik itu sebagai anthem," lanjut pria yang akrab disapa Hamster tersebut.

Dengan diciptakanya Anthem Jayalah Persiboku, dirinya berharap para suporter tetap mendukung Persibo baik dalam keadaan yang terpuruk maupun diatas, bukan malah menghilang saat terpuruk dan datang lagi saat sedang jaya-jayanya atau bisa dikatakan menjadi suporter musiman.

"Ya kalau bisa lebih mengutaman klub sendiri dibanding dengan klub tetangga dan ayo kita bangun kembali Persibo menjadi klub besar lagi," tutupnya kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]

Tag : persibo, bojonegoro, laga, stadion, pemain



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more