15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Blok Buku

Setan Pun Ingin Kembali ke Surga

blokbojonegoro.com | Sunday, 03 June 2018 06:00

Setan Pun Ingin Kembali ke Surga

Peresensi: Iilatifa Fahira Putri H.
 
Tentang Penulis 
 
Muhammad Syafi‟ie el-Bantanie dilahirkan di Serang pada hari Senin , 27 Dzulqo‟dah 1404 H . Bertepatan dengan 12 Desember 1983 M . Ia menyelesaikan S-1 di Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada 7 Juli 2005 dengan yudisium cum laude dan mendapat penghargaan sebagai Wisudawan Terbaik .
 
Ia menggeluti dunia penulisan sejak belajar di Madrasah Aliyah (MA) . Debutnya dalam dunia tulis-menulis diawali dengan menjadi juara 1 Lomba Menulis Puisi di MAN 2 Serang dengan puisinya yang berjudul “Wajah” . 
 
Menulis baginya merupakan panggilan hati . Penulis muda produktif ini telah menulis dan menerbitkan 30 buku . Beberapa diantaranya adalah Quantum Islam , Iman , dan Ihsan ; Dahsyatnya Syukur ; Tobat Sebelum Terlambat ; Cara Nyata Mempercepat Pertolongan Allah ; 
Kekuatan Berfikir Positif ; Shalat Tolak Miskin ; Sholat Tarik Jodoh ; Dahsyatnya Terapi Wudhu ; Catatan Harian Setan ; 7 Amalan Penarik Rezeki ; Agar Doa Selalu Dikabulkan Allah SWT ; dan Terapi Mencerdaskan Hati .
 
Lima bukunya telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Melayu dan beredar di Malaysia . Ia bercita-cita menulis lebih dari 200 buku selama hidupnya sebagai warisan intelektual bagi anak cucunya kelak . Selain sebagai penulis , peraih AgroMedia Scholarship Writing Programe ini juga dikenal sebagai Master Trainer kekuatan Berfikir Postitif , pengajar , dan penceramah .
 
Sinopsis Buku
 
Suatu hari , setan menemui Nabi Musa as . Setan merasa iri dengan kedudukan Nabi Musa di sisi Allah SWT . Ia mengetahui bahwa Nabi Musa memperoleh derajat yang tinggi di siisi-Nya , sementara dirinya adalah makhluk yang dilaknat . Terpikir oleh Setan untuk bertobat Kepada Allah SWT . Karena itulah , dia menemui Nabi Musa . Setan meminta bantuan kepada Nabi Musa untuk menyampaikan pertobatannya kepada Allah SWT . Nabi Musa langsung mengiya-kan permintaannya dengan cara berdoa Kepada Allah . Lalu , Allah akan menerima tobatnya asalkan setan tersebut bersedia untuk memberikan penghormatan kepada Nabi Adam as . Mendengar nama Nabi Adam , muncullah sifat kesombongan setan . Lagi-lagi ia berkata bahwa ia tak sudi memberikan penghormatan kepada Nabi Adam yang masih hidup maupun meninggal dunia .
 
Tapi , dengan nada yang masih berapi-api dalam diri setan . Ia berterimakasih kepada Nabi Musa as karena telah menyampaikan pertobatannya kepada Allah SWT . Setan pun langsung memberikan rahasia terbesarnya dalam menggoda manusia . Tanpa basa-basi ia berkata “Janganlah manusia memperturutkan amarahnya karena aku pasti „mengipasinya‟ agar semakin 
mmembesar . Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan wanita yang bukan mahramnya karena aku pasti akan menggoda mereka agar berbuat zina . Janganlah manusia menunda-nunda melakukan kebaikan karena aku pasti akan menghalanginya , sehingga ia tidak jadi menunaikannya .”
 
 Setelah menyampaikan rahasia itu , setan langsung pergi meninggalkan Nabi Musa . Dalam hal ini , banyak sekali yang dapat dipetik untuk kehidupan manusia menuju kebaikan di sisi Allah SWT dan sesama manusia. Jadi , amarah harus diletakkan pada tempatnya dan digunakan pada waktu yang tepat . Misalnya , ketika hak-hak kita dirampas . Begitupun dengan perbuatan dosa antara laki-laki dan wanita yang berdua-duaan , itu semua bukan hanya karena ada niat dari pelakunya , tetapi juga karena ada kesempatan . Yang pastinya akan berujung pada perzinaan , Naudzubillah .
 
Untuk terhindar dari perbuatan keji itu alangkah baiknya untuk dihindari , Iman kita tidaklah sekuat Nabi Yusuf as yang mampu menghindar dari bujuk rayu Zulaikha . Tidak juga sekuat iman Ibnu Juraij yang mampu menolak rayuan seorang putri cantik . Yang terakhir mengenai penundaan melakukan kebaikan , seperti yang kita ketahui bersama . Manusia tidak akan pernah tahu kapan akan dipanggil untuk menghadap sang Ilahi . Demikian jangan pernah menunda amalan sekecil 
apapun , yang dimana semua amalan kita akan dipertanggung jawabkan di Akhir Zaman kelak . 
 
Baik amalan yang bermanfaat maupun tidak bermanfaat . Benahi diri sebelum menyesalinya . Setan tak pernah putus asa dan kehilangan cara untuk membujuk rayu manusia dalam melakukan kecerobohan , kesalahan , maksiat yang akhirnya akan menemaninya di Neraka kelak. Ada cerita dimana ada seorang ahli ibadah ( Abid ) yang sangat termasyhur . Setan pun selalu gagal dalam menggoda si Abid tersebut . Singkat cerita , tinggallah empat orang bersaudara yang tak jauh dari tempat tinggal sang Abid . 3 di antaranya lelaki dan 1 adik perempuannya berparas cantik .
 
Tiga saudara ini mendapat panggilan untuk berangkat ke medan perang . Akhirnya adik perempuannya dititipkan kepada sang Abid . Selang beberapa minggu , orang yang ahli ibadah ini terkena godaan setan dan terjadilah perzinaan di dalam rumah itu . Setanpun terus mengusik pikiran sang Abid untuk membunuh wanita yang telah dititipkan oleh 3 saudaranya , supaya perbuatan biada itu tidak diketahui oleh siapapun . Menuruti bisikan tersebut dan semuanya berhasil , tertawa terbahak-bahaklah setan itu . 
 
Tak berapa lama semuanya terbongkar , 3 bersaudara tersebut tidak terima dengan perlakuan si Ahli Ibadah terhadap adik satu-satunya yang disayangi . Dirajamlah Abid tersebut , lalu setan pun memperlihatkan sosoknya di hadapan Abid dengan berkata “Kau sujud kepadaku dengan isyarat menganggukkan kepalamu . Niscaya aku akan membebaskanmu dari ancaman maut ini.”
 
Spontanitas si Abid menerima tawaran itu , tapi apa yang didapatnya , ia tewas mengenaskan tanpa membawa iman . Dapat diambil suatu pelajaran , kita harus selalu waspada dalam situasi dan kondisi apapun . Jangan sampai kita terlena dan terjerumus dengan kesenangan dunia yang sifatnya fana. Tidak ada yang dibanggakan didunia ini kecuali iman dan takwa kita kepada Allah SWT . Ada lagi senjata setan yang paling ampuh untuk mengelabui manusia , yaitu tamak dan hasud . Sebisa mungkin , sekuat mungkin kita enyahkan setiap kali setan mengembuskan sifat tamak dan hasud dalam jiwa kita . Setan sama sekali tidak memiliki kekuasaan untuk memaksa kita . Ia hanya menggoda dan mengajak . Kitalah yang menentukan untuk menuruti godaan 
tersebut atau menolaknya .
 
Mengendalikan hawa nafsu dalam diri itu lebih , lebih mulia daripada jihad pada Perang Badar terdahulu . Oleh karena itu , Allah SWT lebih memuliakan manusia yang notabene nya memiliki 2 sifat yakni , hawa nafsu dan kebaikan nuraninya ketimbang malaikat yang notabene nya tidak dikaruniai hawa nafsu . Mari setiap apa yang kita lakukan , fikirkan hanyalah diniatkan untuk beribadah kepada Allah SWT dengan ikhlas . Itulah karakter Mukhlishin ( orang-orang yang ikhlas ) . Ia terbebas dari level para buruh yang mengharap upah atas ibadah yang dilakukannya . 
 
Ia juga terbebas dari level para budak yang beribadah karena takut azab neraka . Seorang mukhlishin beribadah karena cinta Kepada-Nya dan rindu berjumpa dengan-Nya . Kita harus selalu ingat dengan komitmen yang selalu kita baca setiap sholat lima waktu “Katakanlah , sesungguhnya shalatku , ibadahku , hidup dan matiku hanyalah untuk Allah SWT , Tuhan semesta alam.” (QS.Al-An‟am [6] : 162 ) . Kt
 
Kita semua dianjurkan untuk selalu meniru kebiasaan Rasulullah SAW , kelak beliaulah yang akan memberi syafaat bagi pengikutnya di yaumul akhir . Tidak bisa dihitung berapa triliun berapa besar kebaikan-kebaikan beliau yang layak direalisasikan setiap hari dalam kehidupan diri masing-masing . Dimulai dari perkataan yang baik-baik , tidak menyinggung sesama manusia , tidak mendoakan keburukan untuk orang lain malah mendoakan yang sebaliknya , kejujurannya , dan akhlakul karimah 
lainnya yang selalu saja membuat hati kita menjadi sejuk , ayem , tenteram . Bagi kita yang masih ingin membenahi diri dan terketuk pintu hatinya memperturutkan tobat di hadapan Sang Kuasa.
 
Allah SWT akan selalu menerima tobat hambanya yang Tobatan Nasuha ( Tobat Sejati ) . Orang yang melakukan tobat nasuha akan diampuni dan dimasukkan ke dalam surga . Semua itu harus memenuhi 5 unsur : 
 
1) Menyadari kesalahan . Selalu menjalani segala yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi segala larangannya .
2) Menyesali Kesalahan . 
3) Berjanji tidak akan mengulanginya . Janji tidak saja pada mulut tetapi pada hati nurani pula , Ingatlah ! betapa pun kecilnya dosa itu , jika dilakukan berulang-ulang tentu lama-lama kualitasnya sama dengan dosa besar . 
4) Memohon ampunan kepada Allah SWT . jangan pernah bosan untuk mengucap istighfar setiap kali setelah mengerjakan hal apapun .
5) Menutupi kesalahan masa lalu dengan memperbanyak perbuatan amal saleh .
Semoga kita semua selalu di beri hidayah oleh Allah SWT , supaya kita terhindar dari jeratan setan yang selalu ingin menjerumuskan manusia dan akan menemaninya di Neraka kelak . Selalu berbudi pekerti yang baik , kuatkan iman dan takwa , semangat meraih kesuksesan di dunia dan akhirat . Jadilah suri tauladan bagi kaum penerus bangsa . Amin . 
 
Kelebihan Buku :
 
1) Buku yang berjudul “Setan pun ingin kembali ke Surga” menginspirasi bagi si pembaca ,karena isinya selalu memotivasi baik dalam diri sendiri maupun orang lain , bahwasanya tidak ada kata keterlambatan bertobat di hadapan Allah SWT . Sesering apapun kesalahan dan sifat lupa yang merupakan fitrahnya manusia sang pencipta pasti akan memaafkannya , bersikap Akhlakul Kharimah , dan lain sebagainya .
2) Sampul buku menarik.
3) Tidak ada Typo atau salah kata .
4) Bahasa mudah dimengerti .
 
Kelemahan Buku :
1) Tidak tercantumnya foto baik si penulis maupun tokoh di dalamnya .
2) Tidak ada pembatas buku.
 
 
Identitas Buku
 
~ Penulis : Muhammad Syafi‟ie el-Bantanie
~ Penyunting : Firdaus Agung
~ Perancang Sampul : Deff & Nihal 
~ Penerbit : QultumMedia
~ Tahun Terbit : 2012
~ Kota Terbit : Jakarta
~ Jumlah Halaman : 172 hal.
~ Peresensi : Mahasiswa STIKes ICsada

Tag : Resensi, blok buku



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat