16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Camat Malo, Moh. Arifin

31 Tahun Mengabdi, dari Staf Sampai Menjabat Camat

blokbojonegoro.com | Monday, 04 June 2018 06:00

31 Tahun Mengabdi, dari Staf Sampai Menjabat Camat

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com -
Sempat mengabdi selama 22 tahun di Kantor Kecamatan Kasiman, sebagai staf hingga Kasi, dari golongan 1B sampai 3C. Dan kini telah menjabat sebagai Camat untuk ke tiga kalinya, dan selama ini ditempatkan di kawasan yang terhitung jauh dari pusat Kabupaten Bojonegoro. Sejak tanggal 7 Februari 2018, Moch. Arifin, resmi menjabat sebagai Camat di Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro.

Pak Arifin, begitu sapaan akrabnya, memiliki rekam jejak menjabat di kawasan pinggiran Kota Ledre ini, seperti mengabdi di Kecamatan Kasiman, Padangan, Sekar, Kedewan, dan Kecamatan Malo.

"Kalau ditugaskan di tempat yang seperti itu malah saya senang, karena bisa langsung berhubungan atau berkomunikasi dengan masyarakat setempat," ungkap laki-laki kelahiran Ngawi, 10 April 1965.

Dia dalam menjalankan tugasnya tidak pernah mengelu. Seperti halnya saat dia menjabat sebagai Camat Sekar. Menurutnya dengan penugasan di tempat yang berada di kawasan pinggiran, seperti sedang liburan karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh dari rumahnya yang berada di Desa Ngaglik, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.

"Di Sekar selama dua tahun, saat menjabat di sana medan jalannya masih belum seperti sekarang, jadi ada tantangan tersendiri, saya anggap itu seperti hiburan, dan selama penugasaan saya tidak pernah meminta untuk pindah," terangnya saat ditemui blokBojonegoro.com di Kantor Kecamatan Malo.

Sebagai salah satu pejabat yang pernah menempuh pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru (SPG) tersebut, sering kali Dia ikut serta dalam upacara sebagai inspektur upacara di Sekolah Dasar di mana dia tempatkan.

"Karena dulu sempat sekolah guru, jadi saya senang ketika datang ke sekolah, ikut upacara bendera di hari senin, itu saya lakukan serta dengan begitu bisa semakin akrab dengan anak-anak. Saya juga suka berkunjung ke desa-desa dan juga ke sekolah PAUD ataupun TK," tutur Alumni SPG Ngawi Tahun 1984.

Dulu, lanjutnya saat bercerita, setelah menempuh pendidikan SPG dan sempat menjadi guru sukuhan, Dia mengajukan SK sebagai Guru PNS dan Pengajuan SK ke Pemda sebagai PNS Dinas. Dari situ Dia bernadzar mana yang keluar SK nya lebih dulu itu yang akan dia jalankan.

"Ternyata yang keluar dulu SK dari Pemda, dari situlah awal mula saya menjadi pegawai Kecamatan mulai dari staf dan kini menjabat sebagai Camat. Tapi karena ijazah yang saya punya masih belum terlalu mendukung, saya lanjutkan sekolah di SMA PGRI Kasiman dan lulus tahun 1988," ujarnya.

Arifin bukanlah dari keluarga kaya, ibunya dulu sebagai buruh cuci, dan bapaknya bekerja sebagai pengrajin kayu. Dia tetap optimis, dan terbukti sudah pernah menjabat di beberapa Kecamatan yang berada di Kabupaten Bojonegoro.

"Sekarang PNS golongan 4B. Dan kuncinya adalah nerimo ing pandum dan semangat untuk pengabdian negara," tutupnya. [ani/ito]

Data Diri Camat Malo Kabupaten Bojonegoro

Nama : Moh. Arifin
Tempat, tanggal lahir : Ngawi, 10 April 1965
Nama Istri : Sumari (51)
Dikarunia dua anak : anak pertama laki-laki dan anak kedua perempuan
Cucu : tiga
Alamat : Ds. Ngaglik, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro

Riwayat Pendidikan
SD Diponegoro Ngawi
SMP Negeri 2 Ngawi
SPG Ngawi (Tahun 1984)
SMA PGRI Kasiman (Tahun 1988)
S1 Universitas Bojonegoro Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Tahun 2000)
S2 Wijaya Putra Surabaya Jurusan Administrasi (Tahun 2010)

Karier
-Tahun 1985 - 1986 : Menjadi Guru Sukwan di SDN Ketanggi 1 Ngawi
-Tahun 1987 : Di Kantor Kecamatan Kasiman Sebagai Staf sampai Kasi Pelayanan Umum dan Kasi Kesra selama 22 tahun
- Tahun 2009 : Kasi Pemerintahan di Kecamatan Padangan selam 1 tahun 6 bulan
- Tahun 2011 : Sekretaris Camat Kedewan selama 3 tahun
-Tahun 2014 : Camat Sekar selama 2 tahun 2 bulan
- Tahun 2017 : Camat Kedewan selama 1 tahun
- Tahun 2018 : Camat Malo mulai 7 Februari 2018 sampai sekarang.

Tag : profil, camat, malo, moch. arifin



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat